Brilian! Daripada Pusing Karantina di Rumah, Bupati Ini Minta Warganya Berladang di Kampung

Brilian! Daripada Pusing Karantina di Rumah, Bupati Ini Minta Warganya Berladang di Kampung
Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, meminta warga memanfaatkan masa pandemi Covid-19 untuk ke kampung halaman kelola SDA. (Foto: Antara).

RIAUSKY.COM - Masyarakat diminta memanfaatkan masa pandemi virus corona untuk kembali ke ladang di kampung masing-masing. Dengan mengelola sumber daya alam tersebut, mereka bisa memiliki sumber pendapatan alternatif.

Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw mengatakan, saat ini memang ada pembatasan waktu beraktivitas. Tujuannya agar warga lebih banyak karantina diri di dalam rumah.

"Daripada tinggal di rumah tanpa melakukan apa-apa, lebih baik kembali ke alam dengan mengelola apa yang dapat dikelola sebagai sumber pendapatan tetapi juga untuk keberlangsungan hidup," kata Bupati Mathius di Kabupaten Jayapura, Papua, Selasa (28/4/2020) seperti dilansir iNews.id.

Menurut dia, pertanian seperti sayur mayur, kakao, pisang, umbi-umbian, dapat dikelola untuk kebutuhan sendiri maupun ekonomi keluarga. Apalagi bila ada tambak dan keramba, lalu diusulkan dalam bentuk kelompok kepada instansi terkait.

"Sembako yang dibagi saat ini sifatnya hanya untuk penanganan saja, sementara usaha dan upaya yang dilakukan oleh warga di kampung masing-masing akan berjalan terus walaupun Covid-19 ini berakhir," ujarnya.

Dampak virus corona ini memang dirasakan oleh warga di seluruh dunia. Namun warga tak perlu khawatir, dan aktivitas bekerja harus tetap berjalan dengan sejumlah batasan dan anjuran pemerintah.

Selain untuk mengelola sumber daya alam, kata dia, warga juga harus memastikan kampungnya aman. Tidak boleh ada orang luar yang masuk untuk sementara waktu, atau dari dalam kampung hendak keluar.

"Sudah satu bulan pegawai tidak bekerja, hal ini merupakan satu kemunduran bagi kita semua. Kita ingin berbuat yang terbaik tetapi dihadapkan dengan situasi seperti ini, harus ada inisiatif dan langkah untuk perubahan," katanya. (R02)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index