Bupati Rohul Lihat Data Penerima BST dari Kemensos RI 

Rabu, 27 Mei 2020 | 15:50:13 WIB
Bupati Rohul Lihat Data Penerima BST dari Kemensos RI 
Ket Foto : Bupati Rohul H Sukiman saat melihat data warga penerima BST 2020.

PASIR PENGARAIAN (RIAUSKY.COM) - Pemerintah Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) melalui Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinsos P3A) Rohul, Kamis (14/5/2020) mulai menyalurkan Bantuan Sosial Tunai (BST) Tahap I dari Kementerian Sosial (Kemensos) RI. Untuk Tahap I, Keluarga Penerima Manfaat (KPM) BST Kemensos RI untuk Kabupaten Rohul sebanyak 7.981 KK.

Bupati Rohul H Sukiman saat dikonfirmasi menyambut baik penyaluran BST Kemensos RI tahap pertama. Dengan harapan dapat membantu warga yang terdampak Covid-19. 

"BST itu nantinya akan disalurkan melalui PT POS Indonesia dan Bank Himbara (Himpunan Bank Negara) dalam bentuk bantuan uang tunai sebesar Rp 600 ribu per KK yang ditetapkan sebagai KPM dan akan menerima selama tiga bulan," katanya.

"Alhamdulillah BST Kemensos RI hari ini sudah mulai kita salurkan, Kabupaten Rohul tahap I dapat 7.981 KK, yang disalurkan melalui kantor POS terdekat senilai Rp 600 ribu per KK selama 3 bulan (April, Mei dan Juni),” kata Bupati H Sukiman

Mantan Dandim Inhil ini mengatakan Keluarga Penerima Manfaat BST Kemensos RI ini adalah keluarga yang tidak mendapatkan bantuan Pemerintah seperti PKH, BPNT dan bantuan sembako, sehingga dalam tahap pendataan keluarga penerima melalui berbagai tahapan mulai tingkat Desa hingga Kecamatan.

Mantan Dandim Inhil ini berharap kepada Keluarga Penerima Manfaat BST Kemensos RI ini dapat memanfaatkan bantuan tersebut untuk memenuhi kebutuhan pokok keluarga sehari-hari, agar Program Pemerintah itu benar-benar bermanfaat bagi masyarakat terdampak wabah virus corona atau Covid-19.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Rohul Hj Sri Mulyati S.Sos M.Si saat dikonfirmasi mengatakan Bantuan Sosial Tunai (BST) dari Kemensos RI ini untuk masyarakat tidak mampu atau terdampak Covid-19.

Tambah Sri Mulyati, Kabupaten Rokan Hulu mendapat Kuota sebanyak 9.160 KK, yang ditetapkan oleh Kemensos RI dengan rincian 2.534 KK dari Data Terpadu Kesejahteraan Sosial  (DTKS) Kemensos RI. Sementara 6.626 KK dari Non Data Terpadu Kesejahteraan Sosial atau Usulan Desa dan Kelurahan.

“Hari ini kita sudah mulai menyalurkan BST Kemensos RI melaui PT POS Indonesia dan Bank Himbara (Himpunan Bank Negara) seperti Bank BRI dan BNI. Besaran bantuan Rp 600.000 / Bulan selama 3 Bulan (April, Mei dan Juni 2020),” kata Sri Mulyati

Ia menjelaskan Penyaluran BST Tahap Pertama untuk Kabupaten Rohul sebanyak 7.981 KK Keluarga Penerimaa manfaat dari Kemensos RI. Dengan rincian Kecamatan Ujung Batu 307 KK, Tandun 555 KK, Tambusai Utara 532 KK, Tambusai 618 KK, Rokan IV Koto 619 KK, Bangun Purba 269 KK, Bonai Darussalam 275 KK.

Kemudian, Kecamatan Kabun 309 KK, Pendalian IV Koto 276 KK, Kepenuhan 538 KK, Kepenuhan Hulu 211 KK, Kunto Darussalam 516 KK, Pagaran Tapah Darussalam 192, Rambah 1.115 KK, Rambah Hilir 843 KK dan Rambah Samo 806 KK.

Lanjut Hj Sri Mulyati, Penyaluran BST Kemensos RI tersebar di 6 Kantor Cabang PT POS di Rohul. Seperti Kantor Pos Cabang Pasir Pengaraian sebanyak 3.033 KK yang terdiri dari Kecamatan Rambah, Rambah Hilir, Rambah Samo dan Bangun Purba, penyaluran BST dimulai Minggu Ketiga Mei 2020.

Sementara, Kantor Pos Cabang Ujung Batu sebanyak 1.171 KK terdiri dari Kecamatan Ujung Batu, Tandun dan Kecamatan Kabun. Penyaluran BST dimulai Minggu Ketiga bulan Mei 2020.

Kantor Pos Cabang Kota Lama sebanyak 708 KK terdiri dari Kecamatan Kunto Darussalam, Kecamatan Pagaran Tapah Darussalam, Penyaluran dimulai Minggu Ketiga Mei 2020

Lanjut Sri Mulyati, Kantor Pos Cabang Rokan sebanyak 895 KK Kecamatan Rokan IV Koto, Kecamatan Pendalian IV Koto dan Penyaluran dimulai Minggu Ketiga Mei 2020. Kemudian, Kantor Pos Cabang Kota Tengah sebanyak 1.024 KK terdiri dari Kecamatan Bonai Darussalam, Kecamatan Kepenuhan dan Kecamatan Kepenuhan Hulu. Penyaluran dimulai Minggu Ketiga Mei 2020.

“Kantor Pos Cabang Dalu-Dalu sebanyak 1.150 KK terdiri dari Kecamatan Tambusai dan Kecamatan Tambusai Utara. Penyaluran dimulai Minggu Ketiga Mei. Sementara melalui Bank Himbara BNI 30 KK dan BRI 170 KK, tapi teknis penyalurannya sedang di koordinasikan,” kata Sri Mulyati

Hj Sri Mulyati mengatakan penyaluran BST Tahap Pertama dari Kemensos RI ini berjalan lancar tanpa ada kendala. Ia berharap bantuan dari Pemerintah tersebut dapat dimanfaatkan warga untuk memenuhi kebutuhan sehari ditengah Pandemi Covid-19. (Advetorial Pemda Rohul)


FOLLOW Twitter @riausky dan LIKE Halaman Facebook: RiauSky.Com



 
Cetak Akses RiauSky.Com Via Mobile m.riausky.com
loading...
Tulis Komentar Index »
IKLAN BARIS