Sepakat, Ninik Mamak Doa Kepadang Dikenegerian Kopah

Sepakat,  Ninik Mamak Doa Kepadang Dikenegerian Kopah
Suasana doa Kepadang Kebegerian Kopah di Tampang Desa Kopah.

TELUKKUANTAN (RIAUSKY.COM)-  Acara Doa Kepadang Kenegerian Kopah Tahun 2020 dilaksanakan di Tampang Desa Kopah.

Selain dihadiri  ninik mamak dan penghulu suku Nan Barompek juga dihadiri Camat Kuantan Tengah yang diwakili Kasipem Agus Usman, Rabu (10/6/2020)

Hal ini dikatakan Kepala Desa pulau Baru Kopah Melalui Sekretaris Desa (Sekdes) Pebri Mayoka (Yoka) saat dikonfirmasi  via Whatsapp, seusai acara Rabu, (10/6/2020)Siang.

Pelaksanaan Doa Kepadang Kenegerian Kopah dihadiri para Penghulu Suku Nan Barompek, Menti, Dubalang dan Datuk Suku, Para Kepala Desa dan para Ketua BPD Selain itu juga dihadiri Camat Kuantan Tengah yang diwakili Kasipem Agus Usman, jelasnya.

Sementara secara terpisah saat dikonfirmasikan riausky.com kepada kepala desa titian modang Nasrun merupakan perwakilan dari 6 desa yang ada di Kenegerian Kopah menyampaikan, "Pelaksanaan doa kepadang  tahun ini berbeda dari tahun - tahun yang lalu, hal ini  dilaksanakan secara sederhana karena adanya virus Covid-19 Corona Virus. ini mengacu pada aturan pemerintah disaat pandemik Covid 19, yang tengah mewabah saat ini,'' ungkap dia.

Namun tahun ini berbeda dari tahun yang lalu, adapun pelaksanaan tetap dilaksanakan di lapangan Tampang Desa Jaya, Kopah.

"Beda dari tahun lalu, pelaksanaan Doa Kepadang itu dilaksanakan oleh seluruh masyarkat Kenegerian Kopah, ninik mamak, alim ulama dan serta masyarakat yang ikut hadir saat doa Kepadang,'' imbuhnya.

Adapun tujuan dari doa Kepadang itu sendiri, selain menentukan turunnya ke sawah dan penyemaian bibit (Turun bonia) juga doa meminta untuk dimurahkan rezeki dan tahun selamat, keberkahan, serta terhindar dari hama yang menyebabkan padi tidak berhasil disaat panen nantinya.

"Pelaksanaan doa Kepadang ini sejak dahulunya dilaksanakan di setiap tahunnya oleh nenek - nenek moyang hingga anak cucunya sekarang masih tetap berjalan dan dilaksanakan oleh masyarakat Kenegerian Kopah

Adapun kesepakatan ninik mamak urang nan barompek dalam adat, untuk melakukan penanaman bibit (Turun Bonia), untuk Padi lokal dilakukan penanaman tanggal 11 Juni 2020, sedangkan untuk turun bonia padi BB 42 sekitaran  20 Juni jika bibit dari dinas Pertanian kabupaten Kuantan Singingi sampai di masyarakat Kenegerian Kopah.pungkas Nasrun.(R12)
 

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index