Dukung Ketahanan Pangan, Polres Rohil Lakukan Bercocok Tanam untuk Membantu Perekonomian Petani

Dukung Ketahanan Pangan, Polres Rohil Lakukan Bercocok Tanam untuk Membantu Perekonomian Petani
Polres Rohil manfaatkan lahan kosong yang berada di RT 17 Rw 07 Kelurahan Banjar XII Kecamatan Tanah Putih Kabupaten Rohil - Riau untuk bercocok tanam.

ROHIL (RIAUSKY.COM) - Dalam rangka meningkatkan ketahanan pangan dalam bidang pertanian dan perikanan, Polres Rohil manfaatkan lahan kosong yang berada di RT 17 Rw 07 Kelurahan Banjar XII Kecamatan Tanah Putih Kabupaten Rohil - Riau untuk bercocok tanam.

Kita manfaatkan lahan yang tidur untuk bercocok tanam dan berternak ikan, sehingga mendukung ketahanan pangan seperti mana yang di ancurkan pemerintah, kata Kapolres Rohil AKBP Nurhadi Ismanto SH Sik kepada riausky.com melalui Kabag Humas AKP Juliandi SH, Jumat (19/6/20).

Setidaknya, ada tiga hektar lahan yang akan digunakan untuk bercocok tanam dan berternak. Nantinya, lahan tersebut akan ditanami dengan tanaman Palawija. Sementara itu, meningkatkan ketahanan pangan di bidang perikanan akan dilakukan peternakan ikan lele dan ikan patin.

"Nah, didalam bercocok tanam dan beternak untuk mendukung ketahanan pangan, pelaksana adalah Polres Rohil, Bhabinkamtibmas Polres, dinas pertanian dan perikanan  serta warga Tempatan yang berada di Kelurahan Banjar XII," ungkap Juliandi.

Juliandi menjelaskan bahwa program ketahanan pangan yang dilakukan Polres Rohil bertujuan untuk sebagai wadah pelatihan kepada warga yang diberikan Bhabinkamtibmas. 

Sehingga nantinya, tercipta petani yang memiliki kemampuan bertani mandiri dan peternak yang unggul. Nantinya, kita manfaatkan pakan alternatif dari lalat BSF dengan cara memproduksi manggot. 

"Ini kita lakukan untuk menekan pengeluaran petani, namun memiliki hasil yg maksimal serta dapat menjadi solusi mengurangi sampah organik dari masyarakat. Sehingga tidak terbuang sia-sia kerena dapat di gunakan sebagai kompos dan pupuk cair serta media untk pakan manggot untk pakan ternak," jelas Juliandi.

Sembari berjalan, Juliandi mengatakan bahwa ketahanan pangan yang dilakukan ini merupakan gagasan dari Kapolres AKBP Nurhadi Ismanto SH Sik, tujuan untuk membantu perekonomian petani yang ada di kecamatan tanah putih. (R15)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index