Tak Tahu Kapan akan Berakhir, Doni Monardo: Bisa Jadi Manusia akan Hidup Lama dengan Covid-19

Tak Tahu Kapan akan Berakhir, Doni Monardo: Bisa Jadi Manusia akan Hidup Lama dengan Covid-19
Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Doni Monardo

RIAUSKY.COM - Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Doni Monardo mengakui bahwa jaga jarak mudah diucapkan, akan tetapi masih sulit untuk dilakukan. Padahal apabila hal itu dilakukan, maka Covid-19 dapat dikendalikan.

“Jaga jarak mudah diucapkan, tapi masih sulit untuk dilakukan,” ujar Doni kepada wartawan, Sabtu (20/6) seperti dikutip dari Jawapos.com.

Doni juga mengatakan bahwa kedisiplinan menjadi kunci dalam memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Menurutnya, penyakit yang disebabkan oleh virus SARS-CoV-2 itu tidak akan mudah ditularkan apabila masyarakat disiplin.

“Tiga kunci utama dalam memutus kunci penanganan Covid-19 adalah disiplin, disiplin, dan disiplin,” katanya.

Doni mengatakan, hingga hari ini belum ada ahli atau pakar yang dapat mengukur dan memastikan kapan pandemi Covid-19 akan berakhir. Seluruh dunia saat ini sedang berlomba untuk membuat dan mendapatkan vaksin.

Dalam hal ini, ada kemungkinan menurut pakar bahwa manusia akan hidup lebih lama dengan Covid-19. Sebagaimana beberapa jenis penyakit yang lain seperti HIV-AIDS yang sampai hari ini belum ada obat atau vaksinnya.

“Belum ada pakar yang bisa memastikan kapan akan berakhir. Bisa jadi manusia akan hidup lama dengan Covid-19,” kata Doni. “Vaksin bisa ditemukan atau tidak ditemukan, seperti HIV,” imbuhnya.

Adapun berdampingan pada konteks ini bukan berarti menyerah, namun beradaptasi untuk tetap aman dari Covid-19 dan tetap produktif.

“Berdampingan (dengan Covid-19), bukan berarti menyerah, akan tetapi kita harus beradaptasi. Bagaimana kita tetap melakukan aktivitas, tapi tidak terpapar Covid-19,” pungkas Doni. (R01)

Sumber: Jawapos.com

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index