Prabowo Unggul dalam Sejumlah Survei Pilpres 2024, Sandiaga: Masih Terlalu Dini, Tapi Survei Tetaplah Survei

Prabowo Unggul dalam Sejumlah Survei Pilpres 2024, Sandiaga: Masih Terlalu Dini, Tapi Survei Tetaplah Survei
Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno

RIAUSKY.COM - Nama Prabowo Subianto masih berada di posisi teratas dalam sejumlah jajak pendapat terkait Pilpres 2024 yang digelar oleh lembaga survei

Terbaru, Prabowo juga menduduki peringkat teratas dalam survei bursa pencalonan presiden 2024 yang digelar oleh Indikator Politik Indonesia.

Menanggapi hal itu, Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta sekaligus mantan calon wakil presiden di Pilpres 2019, Sandiaga Uno, menilai bahwa survei tersebut masih terlalu dini untuk dilakukan.

Sandiaga yang pada Pilpres 2019 lalu berpasangan dengan Prabowo Subianto mengatakan bahwa alih-alih membahas soal politik Pilpres 2024, masyarakat masih fokus dalam urusan pandemi.

"Ini masih sangat terlalu dini untuk melakukan jajak pendapat dalam bentuk apapun. Tetapi apa yang ada dalam permikiran pemilih sekarang ini bukan tentang keputusan politik yang harus mereka lakukan, tetapi lebih tentang masalah pandemi ini," kata Sandi seperti dilansir Suara.com dari acara Hot Topic, Minggu (28/6/2020).

Dia ebih memilih menjelaskan soal kekhawatiran masyarakat dalam menghadapi kondisi ekonomi mereka yang melemah akibat pandemi. 

Ia juga menyebut bahwa turunnya penanganan pemerintah dalam menghadapi pandemi masih menjadi fokus masalah saat ini.

"Anda dapat melihat kecemasan dalam hal pemulihan ekonomi seperti masyarakat kehilangan pekerjaan, pendapatan mereka turun secara dramatis, harga barang, biaya hidup dan kecamatan karantina beberapa wilayah sangat mengganggu pemikiran masyarakat, serta tentang menurunnya penanganan pemerintah untuk masalah pandemi," ujar Sandi.

Meskipun demikian, dirinya tak memungkiri jika permbahasan soal bursa calon presiden 2024 sudah beredar di kalangan para elit.

"Tapi Anda benar, survei tetaplah survei, Anda harus menerimanya karena ini sebuah data. Saya rasa untuk masalah siapa pemimpin dan siapa yang tidak, akan menjadi pembicaraan di antara para elit." lanjut Sandi.

Sandi kemudian menyebut nama mantan juru bicara kepresidenan Abdurrahman Wahid, Wimar Witoelar, untuk berkomentar soal Prabowo yang berada di posisi teratas dalam survei tersebut.

"Mungkin dia akan berikan komentar yang lebih tepat tentang hal ini," kata Sandiaga.

Sandi kembali menegaskan bahwa dalam kondisi saat ini, keadaan ekonomi masih menjadi fokus masyarakat dibandingkan dengan keadaan politik.

"Tetapi saya rasa penduduk akan lebih memikirkan tentang ekonomi, pekerjaan dan tentunya biaya hidup. Serta cara apa yang bisa mereka dapatkan untuk keluar dari pandemi ini. Menjadi lebih kuat beradaptasi menghadapi new normal,"

Menurut hasil survei Indikator Politik Indonesia pada 11 Juni 2020, Prabowo Subianto menempati urutan pertama sebagai calon presiden 2024 dengan hasil 14.1 persen.

Sementara itu nama-nama berikutnya diikuti oleh Ganjar Pranowo 11.8 persen, Anies Baswedan 10.4 persen, Ridwan Kamil 7.7 persen, Sandiaga Uno sebesar 6 persen. (R04)

Sumber: Suara.com

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index