Bila Memang Terjadi Reshuffle, Pengamat Yakin Jokowi Tak akan Berani Ganti 3 Menteri Ini, Siapa?

Bila Memang Terjadi Reshuffle, Pengamat Yakin Jokowi Tak akan Berani Ganti 3 Menteri Ini, Siapa?
Kabinet Kerja Jokowi-Ma'ruf

RIAUSKY.COM - Belum lama ini, viral Presiden Jokowi marah-marah saat rapat bersama para menteri hingga presiden bisa saja dilakukan Reshuffle.

Nah, terkait dengan niatan itu, pengamat politik sebut Presiden Jokowi diprediksi tidak akan berani me-reshuffle Prabowo Subianto yang saat ini menjabat sebagai Menteri Pertahanan.

Alasannya, karena sosok Ketua Umum Partai Gerindra itu akan memiliki dampak yang besar jika sampai di-reshuffle Jokowi.

"Pak Prabowo Subianto juga bertahan saya rasa. Karena kalau sampai Pak Prabowo di- reshuffle, impact kepada Jokowi akan besar nanti," kata Pnegamat Politik Hendri Satrio ketika dikonfirmasi, Senin (29/6/2020) kemarin.

Dalam rapat kabinet, Presiden Joko Widodo ( Jokowi) menyinggung soal reshuffle saat rapat kabinet paripurna di hadapan para menteri Kabinet Indonesia Maju pada 18 Juni 2020, lalu.

Jokowi mengutarakan rasa kecewanya terhadap kinerja para menteri yang dinilai tidak memiliki progres kerja yang signifikan.

"Bisa saja, membubarkan lembaga. Bisa saja reshuffle. Sudah kepikiran ke mana-mana saya. Entah buat Perppu yang lebih penting lagi. Kalau memang diperlukan. Karena memang suasana ini harus ada, suasana ini tidak, bapak ibu tidak merasakan itu sudah," kata Jokowi lewat video yang diunggah melalui kanal Youtube Sekretariat Presiden, Minggu (28/6/2020).

Selain Prabowo, Hendri Satrio mengatakan menteri lainnya yang tidak akan diganti Jokowi adalah Menteri PUPR Basuki Hadimuljono.

Selain itu, ada Menteri BUMN Erick Thohir. Menurut Hendri, Jokowi menyukai gebrakan yang dilakukan Erick Thohir di BUMN.

"Kalau menurut saya yang bertahan itu Basuki karena dia simbol penjaga monumen Jokowi di bidang infrastruktur. Terus Erick Thohir juga saya rasa bertahan, gebrakan di BUMN-nya menurut saya disukai Jokowi," kata dia. (R01)

Sumber: Tribunnews.com

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index