Rizal Ramli: Seorang Presiden Harusnya Dikelilingi Oleh Orang-orang Yang Memiliki Rekam Jejak Luar Biasa

Rizal Ramli: Seorang Presiden Harusnya Dikelilingi Oleh Orang-orang Yang Memiliki Rekam Jejak Luar Biasa
Rizal Ramli. Sumber Foto: bisnis.com

JAKARTA (RIAUSKY.COM)- Ekonom Rizal Ramli sayangkan tindakan Presiden Joko Widodo yang 'ngomelin' kabinetnya yang videonya tersebar di depan umum.

"Kalau orang asia atau budaya timur, pemimpin biasanya marahi anak buah di belakang bukan di depan umum," ujarnya kepada Bisnis.com, Senin (29/6/2020).

Lebih lanjut, terkait dengan kekecewaan Jokowi atas kinerja kabinet, Rizal Ramli menilai hal itu dikarenakan proses seleksi para pembantu presiden atau kabinet cenderung sekadar sebagai 'hadiah' politis.

Padahal, kata dia, seorang presiden harusnya dikelilingi oleh orang-orang yang memiliki rekam jejak luar biasa dan sangat ahli di bidangnya masing-masing.

Para kabinet atau penasihat presiden dinilainya harus memiliki kapasitas atau keahlian mumpuni dan pengalaman dalam mengatasi kondisi krisis.

"Indikatornya apa? Mereka harus memiliki track record atau pengalaman turn around dari kondisi negatif menjadi positif atau dari keadaan biasa-biasa aja jadi luar biasa," ujarnya.

Seperti diketahui, sebuah video berisi tayangan Sidang Kabinet Paripurna menujukkan Presiden Joko Widodo memberi peringatan keras kepada jajaran menteri kabinet dalam penanganan wabah Covid-19.

Dalam Sidang Kabinet Paripurna yang dihelat di Istana Negara, Jakarta Pusat, Kamis (18/6/2020) itu, presiden bahkan menyebut opsi reshuffle kabinet jika para menteri tak memiliki sense of crisis. 

Video rapat internal berisi arahan Presiden Jokowi itu baru diunggah kanal resmi Sekretariat Presiden di Youtube, Minggu (28/6/2020). Sidang kabinet paripurna tersebut merupakan yang pertama kalinya digelar secara tatap muka setelah pengumuman pandemi Covid-19 pada medio Maret 2020.(R04)

 

 

Sumber Berita: kabar24bisnis.com

Link Berita: https://kabar24.bisnis.com/read/20200629/15/1259219/omeli-kabinet-di-depan-umum-rizal-ramli-sayangkan-sikap-jokowi

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index