Pemberhentian Amril Mukminin Tunggu Mendagri

Selasa, 07 Juli 2020 | 01:53:53 WIB
Pemberhentian Amril Mukminin Tunggu Mendagri
Ket Foto : Amril Mukminin

PEKANBARU (RIAUSKY.COM)- Situasi yang sedang dialami Bupati Bengkalis non aktif Amril Mukminin, yang sedang menjalani sidang dugaan korupsi, memaksa Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau mengambil sikap, dengan mengirimkan surat usulan pemberhentian sementara kepada Kementerian dalam negeri (Kemendagri).

Sudarman selaku Kepala Biro Pemerintahan dan Otonomi Daerah Sekretariat Daerah Provinsi Riau mengatakan, pihaknya tengah menunggu Surat Keputusan (SK) pemberhentian tersebut.

Pengiriman surat usulan pemberhentian sementara tersebut, ungkap Sudarman, disebabkan saat ini Amril Mukminin sudah mengikuti persidangan terkait dugaan korupsi yang dilakukannya.

Sudarman berasalan, pengiriman surat itu mengingat kondisi pemerintahan Bengkalis berjalan tidak normal.

''Saat ini kondisi pemerintahan di Bengkalis berjalan tidak normal,'' kata Sudarman, Senin (6/7/2020) dilansir dari koranmx.com.

Hal yang sama sebut Sudarman, juga dialami Wakil Bupati Bengkalis yakni Muhammad, yang saat ini juga tidak berada di tempat.

''Situasi yang sama juga dialami Wakil Bupati, yang juga tersangkut hukum. Sehingga pemerintahan dipimpin oleh Pelaksana harian yakni Sekretaris daerah,'' beber Sudarman.

Menurut Sudarman, SK Kemendagri itu juga ada di dalamnya arahan apakah jabatan Plh masih bisa diteruskan atau seperti apa.

Amril Mukminin, kata Sudarman, bisa diputuskan diberhentikan secara tetap sebagai bupati Bengkalis jika sudah ada keputusan yang berkekuatan hukum tetap atau inkrah.

''Pemberhentian tetap harus menunggu inkrah dulu proses hukumnya. Kalau saat ini kan masih berproses,'' pungkasnya.(R04)


FOLLOW Twitter @riausky dan LIKE Halaman Facebook: RiauSky.Com



 
Cetak Akses RiauSky.Com Via Mobile m.riausky.com
loading...
Tulis Komentar Index »
IKLAN BARIS