Makin Kuat! Usai Diusung PDIP, Kini PKB, PPP dan PAN Ikut Dukung Gibran Rakabuming Raka

Makin Kuat! Usai Diusung PDIP, Kini PKB, PPP dan PAN Ikut Dukung Gibran Rakabuming Raka
Gibran Rakabuming Raka didampingi Teguh Prakosa (kiri) dan F.X. Hadi Rudyatmo di Panti Marhaen Semarang kemarin. (ADIYO DWI/JAWA POS RADAR SEMARANG)

RIAUSKY.COM - Usai mendapat rekomendasi PDIP, dukungan untuk Gibran Rakabuming Raka-Teguh Prakosa untuk memenangi Pilkada Solo 2020 makin kuat. 

Putra Presiden Joko Widodo (Jokowi) tersebut juga menuai dukungan PKB, PPP, dan PAN.

Terkait dukungan itu, Ketua DPP PKB Ahmad Iman mengungkapkan, sejak awal partainya bertekad memberikan dukungan penuh kepada pengusaha martabak itu. Sebab, kader PDIP tersebut merupakan sosok muda yang sangat dikenal. Menjadi pengusaha yang sukses, elektabilitasnya juga bagus. ”Sosok Gibran sudah komplet,” ujarnya.

DPP PKB juga sudah meminta jajaran pengurus di bawah untuk berjuang memenangkan Gibran-Teguh. Iman yakin paslon tersebut akan memenangi kontestasi pilkada. ”Kami akan bekerja keras. Kader di bawah akan gerak semua,” tegas dia.

Sementara itu, Sekjen PPP Arsul Sani menjelaskan bahwa kader muda PPP di bawah sejak awal memang mendukung Gibran. Bahkan, di media sosial, kader muda PPP sangat aktif menyosialisasikan dan mendukung Gibran. 

”Jika kader di bawah sudah mendukung, DPP PPP pun akan ikut mendukung,” ucap dia.

Wakil ketua MPR tersebut memaparkan, dari 270 daerah yang menggelar pilkada serentak, PPP memiliki kursi di hampir 190 kabupaten/kota dan provinsi. Di 190 daerah itu, PPP mengusung pasangan calon. Sedangkan di daerah yang tidak mempunyai kursi, PPP akan ikut memberikan dukungan.

Selain PKB dan PPP, PAN juga ikut mendukung pasangan Gibran-Teguh dalam pilkada Solo. 

Sekjen PAN Eddy Soeparno menjelaskan, salah satu alasannya adalah elektabilitas Gibran yang bagus. Selain itu, ada Jokowi efek yang telah membawa dampak positif bagi Gibran. ”Jadi, kami juga memperhitungkan Jokowi efek,” ucapnya.

Pertimbangan yang lain, Gibran merupakan putra daerah yang lahir dan besar di Solo. Jokowi juga mantan wali kota Solo. Dengan menyandang putra daerah, diharapkan akan banyak masyarakat yang memilihnya dalam pilkada mendatang. (R04)

Sumber: Jawapos.com

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index