Jelang Hari Raya Kurban

Distanak: Kita Butuh 6.417 Ekor Sapi

Distanak: Kita Butuh 6.417 Ekor Sapi
Ilustrasi sapi kurban
PEKANBARU (RIAUSKY.COM) - Menjelang perayaan hari raya idul adha atau lebih dikenal dengan hari raya kurban, permintaan sapi kurban di Pekanbaru diprediksi meningkat sekitar 400 ekor. 
 
Data ini diperoleh dari Dinas Pertanian dan Peternakan (Distanak) Kota Pekanbaru. 
 
Elsyabrina selaku Kepala Distanak Pekanbaru mengatakan jika tahun lalu kebutuhan sapi Pekanbaru sekitar 6.000 ekor sekarang menjadi 6.417 ekor. 
 
"Insya Allah kebutuhan sapi untuk kota Pekanbaru hingga hari ini sudah bisa ditanggulangi," kata Elsyabrina, Rabu (9/9). 
 
Optimisme Distanak Pekanbaru kali ini buka asal bicara melainkan sudah melalui perhitungan. Elsyabrina menjelaskan ketersediaan sapi di Pekanbaru sekarang 1.654. Sementara untuk memenuhi semuanya, sebanyak 4.763 lagi didatangkan sapi dari luar daerah. 
 
"Pedagang-pedagang sapi dari luar sekarang berjumlh 20 spot di Kota Pekanbaru. Jadi dari hitung - hitungan kami itu sudah cukup," tambahnya. 
 
Distanak Pekanbaru sendiri telah membentuk tim pemeriksa kesehatan hewan kurban. 
 
"Tugas mereka untuk turun ke peternakan sapi dan spot pedagang sapi kurban yang ada di Pekanbaru. Sementara kalau pedagang sapi berkaitan dengan keterangan sapi kurban sehat dari daerah asalnya. Namun akan kita periksa kembali untuk memastikan hewan tersebut sehat dan tak mengandung antraks," paparnya. 
 
Jadi menurut Elsyabrina kebutuhan sapi kurban di Pekanbaru sudah tercukupi. (R02)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index