Tak Kompeten Hadapi Resesi, Rizal Ramli: Suruh Presiden dan Menterinya Ketemu Saya, Kita Beresin, Kalau Tak Bisa, Tembak Saja

Tak Kompeten Hadapi Resesi, Rizal Ramli: Suruh Presiden dan Menterinya Ketemu Saya, Kita Beresin, Kalau Tak Bisa, Tembak Saja
Ekonm senior Rizal Ramli/net

RIAUSKY.COM - Meski ancaman resesi sudah berada di depan mata, namun hal tersebut tampaknya tak disikapi dengan serius oleh pemerintah. 

Hal ini diutarakan  ekonom senior Rizal Ramli, yang menilai pemerintah tidak punya gagasan dan strategi yang jelas untuk keluar dari persoalan di tengah pandemik Covid-19 ini. 

"Jadi kalau masih percaya pemerintah bisa membawa Indonesia keluar dari krisis, aduh sorry deh. Pemerintah kita itu enggak punya kompeten," sindir Rizal Ramli saat menjadi pembicara Tanya Jawab Cak Ulung bertajuk 'Jurus Selamat dari Resesi ala Rizal Ramli' yang digelar secara virtual, Jumat (21/8). 

Bahkan selama ini dia melihat cara pemerintah keliru dalam membangkitkan ekonomi yang tengah terpuruk. Alih-alih berusaha membangkitkan ekonomi, logika pemerintah justru terbalik. 

"Seharusnya yang dipompa golongan (ekonomi) menengah ke bawah, supaya permintaan naik dan ekonomi pulih. Bukan (seperti kebijakan) hari ini, mau bantu yang gede-gede juga, bikin proyek juga, mau (mengeluarkan kebijakan) macem-macam untuk memulihkan ekonomi. Ini sudah enam bulan loh (ekonomi terpuruk)," jelas Rizal Ramli. 

"Prinsipnya, berpihak kepada rakyat, pompa ekonomi menengah ke bawah dan sebagainya. Kelola makro ekonomi supaya kredit tidak 4 persen, 6 persen, tapi bisa 15 persen sampai 16 persen," sambungnya. 

Oleh karena itu, bila pemerintah ingin membahas jurus jitu untuk terbebas dari jurang resesi secara teknis dan mendalam, ia membuka ruang untuk membahas persoalan bangsa yang tak kunjung selesai ini. 

"Minta aja presiden sama menterinya ketemu Rizal Ramli," tegasnya. 

"Satu tahun deh Rizal Ramli pimpinan Indonesia, kita beresin dari krisis. Kalau enggak bisa, hukum Rizal Ramli, tembak saja sekalian," pungkas Rizal Ramli. (R01)

Sumber: Rmol.id

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index