BBKSDA Riau Evakuasi Beruang Madu di Indragiri Hulu, Bagini Kondisinya

BBKSDA Riau Evakuasi Beruang Madu di Indragiri Hulu, Bagini Kondisinya
BBKSDA Riau Evakuasi Beruang Madu di Indragiri Hulu (Foto BBKSDA Riau).

PEKANBARU (RIAUSKY.COM) - Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau dari Resort Kerumutan Selatan melakukan evakuasi anak Beruang madu di areal PT. Rimba Lazuardi, Kecamatan Peranap, Kabupaten Indragiri Hulu. 

Evakuasi satwa liar bernama latin Helarctos Malayanus itu dilakukan Sabtu (22/8) lalu.

Tim BBKSDA Riau berhasil evakuasi satwa liar dilindungi itu setelah pihak perusahaan melaporkan bahwa pihaknya menemukan anak beruang madu di areal konsesinya. Anak beruang itu ditemukan dalam kondisi tidak bisa berjalan (lumpuh).

Kepala Balai Besar KSDA Riau, Suharyono kepada media menjelaskan melihat kondisi tersebut, petugas langsung melakukan pemeriksaan dan diketahui terjadi kelainan pada kedua tungkai kaki satwa berwarna hitam itu.

"Setelah dievakuasi tim selanjutnya membawa anak beruang tersebut ke kantor Bidang KSDA Wilayah I. Kemudian diserahkan ke klinik Balai Besar KSDA Riau di Pekanbaru pada Selasa (25/8) kemarin," terangnya.

Lanjutnya, sesampainya di Klinik, anak beruang madu berumur kurang lebih 2 bulan dan berjenis kelamin jantan itu segera ditangani oleh drh. Rini Deswita dan tim medis. Untuk selanjutnya perawatan secara intensif diperlukan untuk pemulihan kesehatannya. 

"Semoga anak Beruang tersebut dapat segera pulih kembali seperti sedia kala," harapnya.

Saat evakuasi tim juga melakukan sosialisasi terkait upaya penanganan konflik satwa dan mengajak bersama sama berperan dalam merawat, menjaga dan melestarikan keberadaan satwa dilindungi. 

"Kita sangat apresiasi kepada PT Rimba Lazuardi atas gerak cepatnya dalam melaporkan satwa yang dilindungi itu," tandasnya. (R18)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index