Buka Rahasia, Ara Sirait Sebut Kepemimpinan Megawati dan Jokowi Bikin Elektabilitas Partainya Tinggi, ''PDI Perjuangan Menang Pileg dan Pilpres Dua Kali Berturut-turut...''

Buka Rahasia, Ara Sirait Sebut Kepemimpinan Megawati dan Jokowi  Bikin Elektabilitas Partainya Tinggi, ''PDI Perjuangan Menang Pileg dan Pilpres Dua Kali Berturut-turut...''
Megawati Soekarnoputri dan Joko Widodo. Sumber Foto: Fajar.co.id

JAKARTA (RIAUSKY.COM) - Berdasarkan hasil survei terbaru Indonesia Elections and Strategic (indEX) Research, elektabilitas PDI Perjuangan tetap kokoh dan  tak tergoyahkan.

 Elektabilitas PDI Perjuangan jauh mengungguli partai lain yaitu 30,4 persen. 

Sementara itu, tingkat elektabilitas di bawahnya adalah Gerindra (13,8 persen) dan Golkar (8,5 persen).

Sedangkan di papan tengah dan bawah ada PKB (5,3 persen), PKS (5,1 persen), PSI (4,7 persen), Nasdem (4,1 persen), Demokrat (3,4 persen), PPP (2,2 persen), dan PAN (1,9 persen).

Saat hal ini ditanyakan kepada politisi PDI Perjuangan Maruarar Sirait, ia menyebutkan ada dua rahasia mengapa elektabilitas PDI Perjuangan selalu tertinggi dan tak tergoyahkan.

Maruarar menjelaskan bahwa sejak Reformasi, tidak ada partai yang menang pemilihan legislatif secara berturut-turut dua kali kecuali PDI Perjuangan.

PDI Perjuangan menang pada tahun 1999, 2014 dan pada Pileg tahun 2019. Sementara pada tahun 2004 dimenangkan oleh Partai Golkar dan pada tahun 2009 dimenangkan oleh Partai Demokrat

Pun demikian, sambung Maruarar, pascra Reformasi tidak ada partai yang menang Pileg dan Pilpres secara langsung dua kali berturut-turut juga selain PDI Perjuangan. Pada tahun 1999, pemilihan Presiden masih dilakukan oleh MPR.

Pada tahun 2004, meski Golkar yang menang namun Capres yang menang adalah dari Demokrat. Pada tahun 2009, Demokrat menang Pileg dan Pilpres.

"Hanya PDI Perjuangan yang menang Pileg dan Pilpres secara bersamaan dua kali berturut-turut, yaitu pada 2014 dan 2019," jelas Maruarar, yang merupakan Ketua Umum DPP Taruna Merah Putih (TMP).

Meruarar mengatakan bahwa bukan hanya Indonesia Elections and Strategic (indEX) Research yang menemukan data tingginya elektabilitas PDI Perjuangan.

Misalnya data Indikator Politik Indonesia dan Indo Barometer yang juga menempatkan PDI Perjuangan sebagai partai yang elektabilitasnya tertinggi untuk Pileg 2024.

Lalu apa rahasianya?

Ara, demikian Maruarar disapa, menjawab bahwa rahasia tingginya eletabilitas PDI Perjuangan adalah Megawati dan Jokowi. Sebagai Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati sangat kokoh dan sangat dihormati oleh semua kader internal PDI Perjuangan baik di legislatif maupun eksekutif, dari pusat sampai ke akar rumput.

"Sejarah perjalanan panjang perjuangan Bu Mega menunjukkan jasa besar Ibu Mega. Ibu Mega menjadi faktor soliditas ke dalam," kata Ara. 

Sementara Jokowi, sambung Ara, menjadi magnet elektoral ke luar. Makanya elektabilitas dukungan kepada PDI Perjuangan berbanding lurus dengan keberhasilan pemerintah di mata publik.

Sebab rakyat tahu bahwa Jokowi adalah kader PDI Perjuangan.

"Jadi rahasia tingginya elektabilitas PDI Perjuangan itu adalah Ibu Mega dan Pak Jokowi. Ke dalam, Bu Mega menjadi faktor soliditas. Sementara ke luar, Jokowi menjadi magnet elektoral," demikian Maruarar.(R04)

Sumber Berita: tribunnews.com

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index