Klaster Keluarga Bermunculan, Ini Perintah Terbaru Presiden Jokowi

Klaster Keluarga Bermunculan, Ini Perintah Terbaru Presiden Jokowi
Presiden Joko Widodo.

JAKARTA (RIAUSKY.COM)- Kementerian Kesehatan mencatat telah menemukan lebih dari 1.000 klaster penularan virus corona (Covid-19). Salah satu klaster yang ditemukan, yaitu klaster keluarga.

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Bintang Puspayoga mengaku telah mendapatkan instruksi khusus dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk memberikan sosialisasi terkait hal ini.

"Arahan bapak Presiden kepada saya dan jajaran kami di KemenPPPA adalah bagaimana kita mengampanyekan dan sosialisasi masif kepada para keluarga terutamanya perempuan dan anak di seluruh Tanah Air," kata Bintang dalam konferensi pers, Kamis (24/9/2020).

Bintang mengingatkan masyarakat untuk selalu mematuhi aturan 3M yaitu memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan. Bintang mengaku akan meminta bantuan kepada ibu-ibu pemberdayaan kesejahteraan keluarga (PKK).

"Kami di KemenPPPA punya wadah yang namanya forum anak yang tersebar di 34 provinsi, 451 kabupaten kota, di mana mereka sebagai pelopor dan pelapor, ini bisa kita ajak mensosialisasikan secara masif berkaitan dengan 3M ini," katanya.

Bintang memandang, masyarakat perlu mematuhi protokol kesehatan yang berlaku, tidak hanya pada saat keluar rumah. Kaum perempuan, kata dia, perlu memiliki peran besar dalam hal ini.

"Terutamanya perempuan sebagai manajer rumah tangga selalu harus mengingatkan keluarganya walaupun di dalam rumah, kami sarankan untuk tetap memakai masker. Apalagi di dalam keluarga ada kelompok rentan seperti balita dan lansia," katanya.

"Dan satu hal penting lagi yang kami sampaikan, kenapa klaster keluarga meningkat, tidak menutup kemungkinan terpaparnya, ketika ayah atau ibu bekerja di luar rumah. Ini hal penting yang harus diperhatikan saat masuk rumah saya sarankan bersih-bersih badan, barulah berinteraksi dengan keluarga," katanya.(R04)


Sumber Berita: cnbcindonesia.com

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index