INGAT! Pemerintah Tak Tanggung Biaya Perawatan Pasien Corona di Rumah Sakit Nonrujukan

Jumat, 02 Oktober 2020 | 01:45:43 WIB
INGAT! Pemerintah Tak Tanggung Biaya Perawatan Pasien Corona di Rumah Sakit Nonrujukan
Ket Foto : Tenaga medis melakukan perawatan pasien Covid-19./Sumber Foto: read.id

JAKARTA (RIAUSKY.COM)- Juru Bicara Satgas Covid-19 Wiku Adisasmito menegaskan pemerintah hanya menanggung biaya perawatan pasien Covid-19. Itu pun hanya pasien yang dirawat di rumah sakit rujukan COVID-19.

"Pemerintah menanggung biaya perawatan pasien Covid-19 dan ini tentunya hasil rujukan dari puskesmas atau rumah sakit kepada rumah sakit-rumah sakit rujukan Covid-19," kata Wiku dalam siaran yang ditayangkan langsung di akun YouTube Sekretariat Presiden, Kamis (1/10/2020).

Wiku menyebut pemerintah tidak akan menanggung pasien yang dirawat di rumah sakit selain rujukan. Dia mempersilakan pasien positif Covid-19 meminta dirujuk ke rumah sakit yang masuk daftar rujukan Covid-19.

"Jadi tentunya pasien yang dirawat di RS swasta kalau bukan bagian dari rumah sakit rujukan tentunya belum bisa ditanggung. Maka mohon untuk dapat dirujuk ke rumah sakit rujukan yang terdiri dari rumah sakit pemerintah maupun swasta," ujarnya.

Lebih lanjut, terkait akomodasi pasien Covid-19 dari kediaman ke rumah sakit, Wiku menganjurkan untuk menggunakan ambulans yang sudah disiapkan pemerintah. Wiku tidak menganjurkan menggunakan mobil selain ambulans.

"Terkait dengan alat transportasi pasien menuju rumah sakit atau puskesmas pemerintah menyediakan ambulans yang ada dan khusus untuk bisa mengangkut pasien tersebut dari rumah atau kediaman ke rumah sakit untuk mendapat perawatan di rumah sakit," tuturnya.

"Jadi silakan menghubungi rumah sakit terdekat agar bisa dilakukan penjemputan dan dirawat dengan baik tanpa memberikan risiko kepada pihak lain dengan kendaraan yang mungkin tidak didesain untuk membawa pasien gejala Covid-19," lanjutnya.(R04)

Sumber Berita: detik.com


FOLLOW Twitter @riausky dan LIKE Halaman Facebook: RiauSky.Com



 
Cetak Akses RiauSky.Com Via Mobile m.riausky.com
loading...
Tulis Komentar Index »
IKLAN BARIS