Didukung Presiden RI Jokowi, Tiga Pabrik IVO Siap Dibangun di Pelalawan

Didukung Presiden RI Jokowi, Tiga Pabrik IVO Siap Dibangun di Pelalawan

PANGKALAN KERINCI (RIAUSKY.COM) - Pembangunan Pabrik Industrial Vegetable Oil (IVO) di Kabupaten Pelalawan akan jadi kenyataan. Bahkan Presiden RI Jokowi Dodo melalui Kementerian Koperasi telah melakukan kunjungan ke daerah ini, guna merealisasikan pembangunan pebrik tersebut.

Hal ini disampaikan Bupati Pelalawan HM Harris melalui Kepala Bappeda Kabupaten Pelalawan Ir HM Syahrul Syarif, Selasa (27 Oktober 2020) di ruang kerjanya, usai menerima kunjungan pejabat tinggi negara tersebut.

"Insyaallah, Pembangunan Pabrik IVO (Industrial Vegetable Oil) di Kabupaten Pelalawan akan jadi kenyataan dan akan di merealisasikan secepatnya," jelas HM Syahrul Syarif.

Bahkan sambung HM Syahrul Syarif, pembangunan Pabrik IVO (Industrial Vegetable Oil) oleh 9 koperasi di Pelalawan telah mendapat dukungan dari pemerintah pusat. Dimana Pelalawan ditunjuk sebagai lokasi Pilot Project di dalam Program Startegis Nasional Pemerintahan Jokowi.

"Ya, bapak presiden sangat komit mendukung pembangunan pabrik IVO.  Melalui kementerian Koperasi,   Ahmad Zabadi, SH. MH, Deputi Pengawasan, dan Rulli Nuryanto, SE. M.Si dan Deputi Kelembagaan serta Direktur Lembaga Pengelola Dana Bergulir (LPDB) Kemenkop UKM, melakukan kunjungan ke Pelalawan dalam rangka memberikan dukungan merealisasikan pembangunan Pabrik IVO (Industrial Vegetable Oil) oleh 9 koperasi di Pelalawan," urainya lagi.

Nantinya lanjut HM Syahrul Syarif, Pembangunan Pabrik IVO akan memproduksi BBN (Bahan Baku Nabati) berbasis kelapa sawit. 

"Saya dapat bayangkan Pabrik IVO akan sukses di lapangan. Sebab sumber bahan baku nabati berbasis kelapa sawit sangat melimpah," tuturnya.

Lebih jauh disampaikanya, bahwa pendirian Pabrik IVO ini direncanankan berlokasi di 3 Kecamatan yaitu Kecamatan Ukui, Kecamatan Langgam dan Kecamatan Pangkalan Kuras.

"Tiga pabrik ini nantinya akan memenuhi kebutuhan co-processing kilang minyak pertamina di dumai dan siap diekspor keluar negeri," imbuhnya. 

Sementara pertemuan dengan utusan pemerintah pusat ini dilansungkan dikantor Koperasi di Kecamatan Ukui. 

"Kunjungan ini diterima langsung oleh Bupati Pelalawan bersama Kepala Bappeda, Kepala Dinas Koperasi, Ka. BPKAD, Ka. DLH, Ka. DPMPTSP, Ka. Balitbang, Ka. Dinas Perkebunan dan Peternakan, Para Camat dan Kepala Desa serta Pengurus Koperasi di Pelalawan" tutupnya. (R09)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index