Pemprov Riau Gandeng BPJN Antisipasi Jalan Putus karena Banjir dan Longsor

Pemprov Riau Gandeng BPJN Antisipasi Jalan Putus karena Banjir dan Longsor

PEKANBARU (RIAUSKY.COM) - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau turut menggandeng Balai Pelaksana Jalan Nasional (BPJN) untuk mengantisipasi putusnya jalan di wilayah setempat akibat banjir dan longsor dampak dari La Nina yang tengah melanda.

Hal tersebut, disampaikan Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar usai menggelar Apel Kesiapan Menghadapi Bencana Alam bersama instansi terkait di Halama Kantor Gubernur Riau, Senin (8/11/2020).

"Antisipasi jalan putus, Ini Dinas PU kita, kita juga koordinasi dengan Balai Jalan, termasuk jalan nasional, seperti terjadi kemarin di perbatasan Sumbar. Itu kita koordinasi, tidak sampai satu minggu sudah selesai diperbaiki," kata Gubri.

"Artinya semua lini sudah siap menghadapi banjir longsor, puting beliung yang mungkin terjadi akibat La Nina," tambah Gubri. 

Terkait antisipasi bencana tersebut, Gubri juga mengatakan pihaknya juga sudah menyiagakan 1300 personil gabungan terdiri dari unsur TNI-POLRI, BPBD, Manggala Agni, Basarnas, tenaga kesehatan dan relawan.

"Peralatan juga kita sudah siap, tidak ada masalah, termasuk tenda pengungsian sudah siap. Ada yang di kabupaten dan ada di provinsi, nanti kalau di kabupaten kurang, kita siapkan dari provinsi," ujarnya.

"Helikopter, kapan diperlukan untuk bencana, itu siap. Walaupun helikopter untuk kebakaran hutan dan lahan sudah ditarik, tapi kalau ada bencana dan memerlukan helikopter itu sudah disiapkan. BNPB sudah menyiapkan, termasuk dari TNI AU," demikian Gubri. (R07/MCRiau)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index