Pemerintah Mulai Bahas Skema Vaksinasi Mandiri Covid-19, Ingat Perintah Jokowi, ''Jangan Mahal-mahal..''

Pemerintah Mulai Bahas Skema Vaksinasi Mandiri Covid-19, Ingat Perintah Jokowi, ''Jangan Mahal-mahal..''
Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito

JAKARTA (RIAUSKY.COM)- Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengatakan, pemerintah akan mempersiapkan skema vaksinasi mandiri Covid-19. 

Vaksinasi mandiri merupakan program pemberian vaksin Covid-19 di luar program bersubsidi yang sudah dipastikan pemerintah. 

"Pelaksanaan vaksinasi akan dilakukan secara bertahap dengan mendahulukan kelompok prioritas vaksinasi dengan pertimbangan risiko kesehatan yang lebih tinggi," ujar Wiku dalam konferensi pers daring yang ditayangkan di kanal YouTube BNPB, Kamis (12/11/2020). 

Ke depannya, pemerintah pun akan buat dua skema vaksinasi, yakni bersubsidi dan mandiri. Khusus untuk vaksinasi mandiri, pemerintah akan mempersiapkannya dengan cermat. 

"Baik aturan dan kalkulasi biaya pelaksanaan vaksinasi secara mandiri sehingga harganya terjangkau dan dapat diakses masyarakat secara luas," lanjutnya. 

Dalam kesempatan yang sama, Wiku pun menjelaskan sejumlah poin arahan Presiden Joko Widodo terhadap pengadaan vaksin. 

Poin-poin itu antara lain, pertama, memastikan pengadaan dan pelaksanaan vaksinasi betul-betul aman dan efektif. 

Kedua, produksi melalui dan mengikuti kaidah-kaidah ilmiah berdasarkan data sains dan kesehatan. 

Ketiga, menginformasikan secara komprehensif kepada publik rencana dan peta jalan vaksinasi untuk meminimalisasi disinformasi dan berita hoaks di masyarakat. 

"Kami mengimbau di samping keberadaan vaksin, masyarakat tetap menerapkan pola hidup bersih dan sehat serta mematuhi protokol kesehatan," tegas Wiku.(R04)

Sumber Berita: kompas.com

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index