BPOM RI: EUA Vaksin COVID-19 Buatan Sinovac Diharapkan Keluar Akhir Januari 2021, Lalu Kapan Disuntikkan?

BPOM RI: EUA Vaksin COVID-19 Buatan Sinovac Diharapkan Keluar Akhir Januari 2021, Lalu Kapan Disuntikkan?
Penny K Lukito

JAKARTA (RIAUSKY.COM)- Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) RI Penny K Lukito mengatakan Emergency Use of Authorization (EUA) vaksin COVID-19 Sinovac diharapkan bisa keluar pada minggu ketiga atau keempat bulan Januari 2021.

"Harapannya, Januari minggu ketiga dan keempat itu bisa mendapatkan EUA, apabila itu juga data-data yang ada lengkap," kata Penny dalam konferensi pers di YouTube BPOM, Kamis (19/11/2020).

Penny mengatakan data hasil uji klinis dari China untuk fase ke 1-2 full report sudah didapatkan BPOM, terkait keamanan dan efikesi vaksin Sinovac tersebut. 

Tetapi, masih ada data yang kurang agar bisa mendapatkan EUA untuk vaksin COVID-19 Sinovac ini, yaitu data fase ketiga.

Untuk fase ketiga belum bisa didapatkan, pasalnya data dari Brasil yang sudah lebih dulu melakukan uji klinis fase ketiga dibandingkan di Indonesia yaitu di Bandung, belum bisa didapatkan.

"Berdasarkan komunikasi kami dengan pihak Sinovac dan pihak Brasil sebagai tempat pelaksanaan uji klinik lebih dulu yang tadinya kita akan gunakan sebagai data pengganti, ternyata tidak bisa memberikan data tersebut karena membutuhkan waktu untuk analisa," jelas Penny.

"Data tersebut baru bisa kita terima sekitar Januari minggu pertama atau kedua. Ini masih ekspektasi,BPOM dalam hal ini masih menunggu, karena yang menganalisa adalah tim peneliti,"pungkasnya.

Kata Presiden Jokowi

Terkait dengan pengadaan vaksin  sebelumnya,  Presiden Joko Widodo pernah memastikan vaksin akan tiba di Indonesia pada akhir November 2020.

"Vaksin datang itu kurang lebih nanti di akhir November," kata Jokowi dalam wawancara eksklusif Rosi dengan Presiden RI di Kompas TV, Senin (16/11/2020).

Namun, dia menyebut pemberian vaksin harus dilakukan secara hati-hati sehingga tidak bisa langsung didistribusikan ke masyarakat.

"Tetap kita hati-hati, tetap harus melewati tahapan-tahapan di BPOM. Jumlahnya saya tidak berbicara. Setelah datang harus melalui lagi tahapan di BPOM. Waktunya kurang lebih tiga pekan hingga sebulan," ujar Jokowi.

Jokowi pun memperkirakan vaksin Covid-19 siap disuntikkan kepada masyarakat sekitar akhir 2020 atau awal 2021.(R04)

Sumber Berita: detik.com/tribunnews.com

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index