EAAA... Sandiaga Uno Bicara Potensi Kelautan, Arah-arahnya Nih...

Selasa, 01 Desember 2020 | 09:17:16 WIB
EAAA... Sandiaga Uno Bicara Potensi Kelautan, Arah-arahnya Nih...
Ket Foto : Screenshoot tangkapan layar instagram Sadiaga Uno tentang perjalanannya ke Pangkep dan Sidrap.

JAKARTA (RIAUSKY.COM)- Pasca penangkapan politikus Gerindra Edhy Prabowo, muncul sejumlah nama yang dinilai berpotensi untuk menjadi penggantinya sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP).

Adapun nama-nama calon Menteri KKP muncul dari kalangan partai politik dan nonparpol. Di kalangan parpol, nama yang muncul berasal dari Gerindra, partai yang mendapat "jatah" kursi Menteri KKP.

Ada nama Sufmi Dasco Ahmad, Muzani, Fadli Zon dan yang paling santer disebut-sebut adalah Sandiaga Salahuddin Uno.

Berdasarkan analisa sejumlah pengamat, nama mantan calon wakil presiden pendamping Prabowo Subianto pada Pilpres 2019 itu memiliki peluang menyandang Menteri KKP.

Di tengah isu "bursa" calon Menteri KKP, Sandiaga Uno memposting tentang perjalanan ke Pangkep, Sulawesi Selatan. Di sana dia memberikan pandangannya tentang potensi laut. 

"Ini harus dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk membuka lapangan kerja seluas-luasnya dan meningkatkan ekonomi masyarakatnya," tulis Sandi dalam laman akun Instagramnya, @sandiuno, Senin 30 November 2020.

Postingan Sandi pun mendapatkan respons banyak pengguna Instagram. Banyak yang menilai postingan tersebut menjadi "sinyal" Sandi akan menjabat Menteri KKP. "Pak Sandi Melangkah menuju KKP 01," tulis pemilik akun @yuliantobeeh.

Begitu juga komentar pemilik akun @anasarif7_. Heeem.. saya mencium aroma ruangan KKP," katanya.

"SU for Menteri KKP," tulis pemilik akun @afdhlayfi.

Hingga berita ini ditulis, Sandiaga Uno belum merespons komentar-komentar yang disampaikan netizen di kolom komentar akun Instagramnya.


Berpeluang

Sandiaga Salahuddin Uno sendiri sejauh ini berpeluang ditunjuk menjadi Menteri Kelautan dan Perikanan menggantikan Edhy Prabowo yang mengundurkan diri pascaditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan korupsi 'baby' lobster oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Direktur Eksekutif Sudut Demokrasi Research and Analysis (SUDRA) Fadhli Harahab menilai peluang Sandiaga cukup terbuka lebar. 

Pasalnya, saat ini pria yang akrab disapa Sandi itu dianggap figur sentral di Gerindra selain sang Ketua Umum, Prabowo Subianto.

"Bisa jadi, beliau seperti kita ketahui cukup loyal terhadap Gerindra dan Prabowo, bukan tidak mungkin peluang itu ada," kata Fadhli dilansir dari sindonews.com, Kamis (26/11/2020).

Menurutnya, pasangan Prabowo di Pilpres 2019 itu memiliki banyak pengalaman di politik dan organisasi lainnya. 

Bahkan pernah menjabat di birokrasi pemerintahan daerah, menjadi Wagub DKI Jakarta.

"Dia cukup banyak pengalaman, aku pikir hampir semua lini pernah dirasakannya. Pemerintahan pernah, pengusaha apalagi, organisasi sosial kemasyarakatan dan lain-lain, aku pikir peluangnya terbuka," ujarnya.

Namun demikian, kata Fadhli, peluang menggantikan Edhy juga terbuka bagi kader Partai Gerindra lainnya. 

Menurutnya, banyak kader yang pantas menduduki kursi Menteri Kelautan dan Perikanan, seperti Sufmi Dasco Ahmad, Ahmad Muzani, Sodik Mujahid, Desmond Mahesa, atau Fadli Zon.

"Peluangnya sama, tinggal bagaimana Gerindra mengatur siapa yang paling cocok untuk diserahkan kepada Presiden, karena tetap saja keputusan ada di Presiden," pungkasnya.(R04)

Sumber Berita: sindonews.com


FOLLOW Twitter @riausky dan LIKE Halaman Facebook: RiauSky.Com



 
Cetak Akses RiauSky.Com Via Mobile m.riausky.com
loading...
Tulis Komentar Index »
IKLAN BARIS