Sebut Perekonomian Mulai Membaik, Airlangga: Indonesia Telah Melalui Titik Terendah

Kamis, 03 Desember 2020 | 13:36:21 WIB
Sebut Perekonomian Mulai Membaik, Airlangga: Indonesia Telah Melalui Titik Terendah
Ket Foto : Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto/Net

RIAUSKY.COM - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto menilai kalau perekonomian Indonesia saat ini mulai mengalami pemulihan setelah terdampak signifikan oleh pandemi Covid-19.

Bahkan menurutnya, Indonesia telah melalui titik terendah laju perekonomian di tengah pandemi. Hal tersebut terefleksikan dengan realisasi pertumbuhan ekonomi secara nasional.

Demikian penjelasan Airlangga Hartarto dalam sebuah seminar virtual, Kamis (3/12).

Menurut ketua umum Partai Golkar itu, meskipun pada kuartal III-2020 pertumbuhan ekonomi masih terkontraksi 3,49 persen, namun realisasi tersebut lebih baik dibandingkan pertumbuhan ekonomi kuartal II-2020 yang terkontraksi hingga 5,32 persen.

"Kondisi tersebut sejalan dengan perbaikan ekonomi global yang terlihat di triwulan ketiga 2020," kata Airlangga.

Jika dilihat secara kuartal, lanjut dia, ekonomi Indonesia pada periode Juli hingga September 2020 masih tumbuh 5 persen.

Kemudian, pemulihan ekonomi juga mulai terlihat dengan terus tumbuhnya realisasi penanaman modal asing (PMA), indeks keyakinan konsumen, indeks penjualan retail, hingga surplus neraca perdagangan.

"Indikasi pemulihan ekonomi juga menurut pengeluaran menunjukan perbaikan jika dibandingkan dengan triwulan kedua," ujar Airlangga.

Lebih lanjut Airlangga mengklaim, laju tren positif perekonomian muncul seiring dengan berbagai kebijakan pemerintah yang telah dikeluarkan, baik untuk menekan angka kasus Covid-19 dan untuk meredam dampaknya.

"Dalam upaya penanganan Covid-19 dan pemulihan ekonomi nasional intervensi pemerintah dalam penanganan kesehatan telah mendorong kepercayaan yang kemudian berhasil menggerakan komsumsi masyarakat dan investasi swasta," ucapnya. (R01)

Sumber: Rmol.id 


FOLLOW Twitter @riausky dan LIKE Halaman Facebook: RiauSky.Com



 
Cetak Akses RiauSky.Com Via Mobile m.riausky.com
loading...
Tulis Komentar Index »
IKLAN BARIS