Bupati Sukiman Ikuti Kegiatan Penanaman Sawit Kebun Kas Desa Rambah

Jumat, 11 Desember 2020 | 14:49:29 WIB
Bupati Sukiman Ikuti Kegiatan Penanaman Sawit  Kebun Kas Desa Rambah
Ket Foto :

RAMBAH (RIAUSKY.COM) - Bupati Sukiman hadiri kegiatan Penanaman perdana kelapa sawit di Kebun Kemitraan Kas Desa Rambah Investasi dari Perusahaan PT.Musimas Group, Senin (7/12/2020).

Kegiatan ini turut dihadiri Ketua TP PKK Rohul Hj.Peni Herawati Sukiman, dan Pejabat Eselon II dilingkungan pemerintah Daerah Rokan Hulu serta Kepala Desa Se Kec.Rambah Hilir.

Dalam kegiatan tersebut, Adi Saputra, S.Ip PLT Kades Rambah dalam laporannya mengatakan bahwa kebun Desa ini terdiri lebih kurang seluas 5 H. Kebun ini merupakan Investasi dari Perusahaan PT.Musimas kepada Desa Rambah, yang mana sangat terbantu sekali menambah PAD Desa dan pendapatan masyarakat.

"Memang Investasi ini akan di angsur pembayarannya nanti setelah mendapatkan hasil, dan akan di angsur dari hasil panen" ujarnya.

Iwan Hartawan Manager PT Musimas Group dalam sambutannya mengatakan memang segala investasi awal dibangunkan oleh perusahaan, baik dari pembelian lahan sampai pengadaan bibit bahkan pembukaan jalan sepanjang lebih kurang 1,8 Km, adapun Investasi ini sudah dilakukan juga di Kab.Rokan Hilir dan Pelalawan.

"Kebun ini merupakan investasi perusahaan dalam bentuk bermitra dengan Desa, akan tetapi nanti setelah berhasil maka pemerintah desa akan mengangsur pembayaran kepada perusahaan sampai lunas dan kebun menjadi milik Desa sepenuh nya" jelas Manager PT Musimas ini.

Akan tetapi bukan hanya itu yang diharapkan melainkan juga memberikan pelatihan Secara dasar kepada masyarakat bagaimana budidaya penanaman sawit secara benar, bukan berarti menyalahkan masyarakat menanam dengan tidak benar namun kita ingin mengarahkan khusunya Masyarakat Desa Rambah dan Rokan Hulu pada umumnya untuk tidak lagi membudidayakan sawit tidak lagi secara tradisional akan tetapi sudah melalui cara-cara teknik ilmu perkebunan, dengan harapan agar masyarakat bisa mendapatkan hasil seperti yang di dapatkan oleh kebun perusahaan.

Sementara itu Bupati Sukiman Mengatakan Kebun Kas Desa ini bisa menjadi contoh bagi Desa yang lain, memang diperlukan saling membantu dan bermitra kepada perusahaan, selain dari pada Perusahaan dapat terbantu, masyarakat juga dapat terbantu melalui Desa.

Bupati Sukiman juga mengucapkan rasa terimakasih kepada perusahaan dan Desa Rambah serta Pengurus yang telah meningkatkan kemampuan Desa dengan melakukan kerjasama yang baik, ini merupakan suatu bentuk keseriusan baik perusahaan dengan Desa yang telah sepakat bersama sama yang mana dari perusahaan telah menyediakan semuanya mulai dari penanaman sampai nanti berhasil dan baru diserahkan kepada Desa dan mengangsur kepada perusahaan dari hasil tersebut.

Usai dengan rangkaian kegiatan, Bupati Sukiman melakukan peninjauan dan penanaman perdana Sawit di Kebun Kas Desa Rambah didampingi Manager PT Musimas serta Pejabat Eselon II dan Kepala Desa Rambah. (R19/Advertorial Pemda Rokan Hulu)


FOLLOW Twitter @riausky dan LIKE Halaman Facebook: RiauSky.Com



 
Cetak Akses RiauSky.Com Via Mobile m.riausky.com
loading...
Tulis Komentar Index »
IKLAN BARIS