Dukung Program APPI, Hamdani: Saatnya Manfaatkan Lahan Tidur

Jumat, 18 Desember 2020 | 13:20:39 WIB
Dukung Program APPI, Hamdani: Saatnya Manfaatkan Lahan Tidur
Ket Foto : Ketua DPRD Pekanbaru Hamdani bersama pengurus APPI Riau.

PEKANBARU (RIAUSKY.COM)- Ketua DPRD Pekanbaru, Hamdani MS, S.IP menerima kunjungan silaturahmi pengurus Dewan Pimpinan Pusat (DPP) dan Dewan Pengurus Daerah (DPD) Aliansi Pewarta Pertanian Indonesia (APPI) Provinsi Riau, Jumat (18/12/2020). 

Pengurus APPI yang hadir dipimpin Sekretaris Umum DPP APPI, Satria Utama Batubara, Ketua Harian, Mashuri Kurniawan, Ketua DPD APPI Riau Romi dan Sekretaris Zonny.

Dalam pertemuan tersebut, Sekum DPP APPI, Satria Utama menjelaskan, berdirinya APPI dilatarbelakangi keprihatinan sejumlah pewarta di Riau melihat kondisi pertanian di daerah ini. Riau masih tergolong daerah dengan tingkat ketergantungan pasokan pangan dari daerah lain yang cukup tinggi.

"Padahal kalau dilihat dari potensi lahan yang tersedia, Riau masih memungkinkan untuk tumbuh menjadi daerah produsen pangan. Namun sayangnya banyak lahan tidur yang tidak dimanfaatkan," ungkapnya.

APPI yang pendiriannya dideklarasikan bulan Agustus lalu, sambung Satria, bertekad membantu pemerintah menggairahkan semangat masyarakat untuk bertani memanfaatkan lahan tidak produktif. "Termasuk juga bagi teman-teman wartawan yang masih memiliki waktu luang untuk memanfaatkan lahan pekarangan dan lahan tidur di daerahnya untuk ditanami tanaman pangan," ujarnya.

Ditambahkan Mashuri Kurniawan, DPP APPI saat ini sedang mambangun kawasan Pusat Pendidikan dan Pelatihan Pertanian (Pusdiklat) di jalan Uka yang merupakan perbatasan Pekanbaru-Kampar. "Di kawasan ini kami mulai menanami aneka tumbuhan seperti pinang, aren, durian dan jengkol. Juga ada tanaman buah seperti lengkeng, mangga, jambu, dan pepaya. Ke depan, teman-teman pengurus DPP dan DPD juga akan mulai melakukan budi daya ikan air tawar," jelas wartawan yang akrab disapa Wawan ini.

Ketua DPRD Pekanbaru, Hamdani MS, S.IP memberikan apresiasi yang tinggi atas berdirinya organisasi APPI ini. Apalagi ini merupakan organisasi pertama di Indonesia. "Ini terobosan yang luar biasa menurut saya. Karena memang peran media untuk mengembangkan sektor pertanian sangat dibutuhkan," ujarnya.

Hamdani juga sependapat bahwa sektor pertanian merupakan sektor yang potensial dan menjanjikan kalau digeluti secara serius. "Kebutuhan pangan kan merupakan kebutuhan pokok, semua orang butuh makan, jadi sangat potensial secara ekonomi. Dengan jumlah lahan tidur di Riau yang masih sangat luas, maka sudah seharusnya pemerintah daerah memanfaatkannya secara serius," ungkapnya.

Politisi PKS ini menyatakan siap mendukung penuh keberadaan APPI dalam menggairahkan dunia pertanian di Riau, khususnya di kota Pekanbaru. 

"Kami sebagai lembaga legislatif siap mendukung pembangunan pertanian dan ketahanan pangan di Pekanbaru dari sisi kebijakan dan anggaran. Apalagi memang secara nasional, sektor pertanian dan ketahanan pangan jadi prioritas selama pandemi. Saya nanti juga akan bicara dengan dinas pertanian dan ketahanan pangan bagaimana bisa bersinergi dengan APPI dan stake holder lainnya," kata dia.(r)


FOLLOW Twitter @riausky dan LIKE Halaman Facebook: RiauSky.Com



 
Cetak Akses RiauSky.Com Via Mobile m.riausky.com
Tulis Komentar Index »
IKLAN BARIS