Pangdam I BB Resmikan Makodim 0321 di Bagansiapiapi

Pangdam I BB Resmikan Makodim 0321 di Bagansiapiapi
Pangdam I Bukit Barisan, Lodewyjk Pusung, Plt Gubernur Riau Arsyad Juliandi Rachman, Wakil Ketua DPRD Noviwaldy Jusman, Bupati Rohil Suyatno saat meresmikan Makodim di Bagansiapiapi Senin (22/2/2016). Foto Internet.

BAGANSIAPIAPI (RIAUSKY.COM) - Panglima Daerah Militer (Pangdam) I Bukit Barisan, Mayjen Lodewyjk Pusung meresmikan beroperasinya Markas Komando Distrik Militer (Makodim) 0321 Rohil di Bagansiapiapi, Senin (22/2/2016).

 
''Dengan diresmikannya Makodim ini, diharapkan Rokan Hilir akan bertambah aman serta mampu membantu pemerintah dalam memerangi berbagai kejahatan diperairan Rohil,'' ungkap Lodewyjk.
 
 Dia pun berharap kehadiran Makodim ini akan mampu membantu tugas pemerintah dalam hal pengingkatan kualitas perekonomian lewat terciptanya kondisi yang aman dan kondusif., mengingat Rokan Hilir termasuk wilayah perbatasan Indonesia yang berbatasan langsung dengan negara tetangga Malaysia. 
 
Lodewyjk juga mengingatkan, personil TNI-AD yang tergabung di Makodim 0321 Rohil agar bekerja dengan maksimal dalam membantu pemerintah untuk meningkatkan perekonimian rakyat. "niat pemkab rohil ingin membangun pabrik ikan, untuk itu kita harus mewujudkannya dengan memberantas berbagai aksi kejahatan diperairan Rohil. "ingat tugas dan fungsi kita membantu pemerintah, sementara tugas pemerintah meningkatkan perekonomian Negara, "katanya.
 
Ia juga berpesan kepada masyrakat Rohil untuk senantiasa memantau dan mengawasi tugas dari Prajurit TNI-AD. "jika ada oknum TNI yang bermain dengan menjual hasil perikanan kita kenegara Malaysia, segera SMS kan langsung kesaya biar saya tindak secara tegas prajurit tersebut, "ancamnya kepada ratusan prajurit TNI yang hadir. 
 
Lodewyjk bahkan memberikan nomor HP pribadinya kemasyrakat Rohil dengan harapan bisa lebih dekat dengan masyarakat. Jika Makodim 0321 rohil tidak bekerja secara profesional, dia mempersilahkan masyarakat untuk menghubungi atau ber SMS.
 
''Ini nomor HP saya, 08161930799, silahkan berkomunikasi. Kalau ada yang tidak bekerja sesuai tugas, saya akan berikan sanksi. Jika nanti  Prajurit Makodim Rohil tidak mampu mengatasi kejahatan Ilegal Fishing diperairan rohil, maka saya yang akan langsung turun kerohil untuk mengatasinya, " ungkap Lodewyjk penuh harap.
 
Pangdam Lodewyjk Pusung juga memaparkan di hadapan personel TNI, kalau dulunya Bagansiapiapi ini terkenal dengan penghasil ikan terbesar didunia setelah norwegia. Untuk itu bantulah pemerintah untuk mengembalikan masa emas kejayaan itu. "ingat dulu kita semasa sekolah sering ada pelajaran kalau penghasil ikan terbesar itu adalah Bagansiapiapi, nah inilah Bagansiapiapi tersebut, "ujarnya sembari mengenalkan kota Bagansiapiapi dihadapan prajuritnya.
 
Lodewyjk pusung juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada pemkab Rohil yang telah membangun Makodim dengan sangat megah. "saya begitu sampai sempat kaget melihat gedung makodim 0321 Rohil, Dimana besarnya hampir sama dengan Gedung Dandrem 031 wirabima, pekanbaru, "pujinya.
 
Dari 12 kabupaten/kota yang ada dipropinsi Riau, baru 7 kabupaten/kota yang telah memiliki Makodim sendiri, sementara 5 Kabupaten lainnya Makodimnya masih bergabung dengan kabupaten induk di Bengkalis. Untuk itu dirinya berharap kedepanya setiap kabupaten yang ada diriau memiliki Makodim sendiri agar bisa melakukan koordinasi dan saling tukar pikiran satu dengan yang lainnya dalam mengatasi bencana banjir dan karhutla.
 
Tampak hadir pada kesempatan peresmian Makodim Rokan Hilir tersebut Plt. Gubernur Riau, Aryad Juliandi Rachman, Komandan Korem 031 Wirabima, Brigjen TNI Nurendi MSi Bupati Rokan Hilir, Suyatno serta sejumlah pimpinan daerah. 
 
Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Riau (Gubri, Ir H Arsyadjuliandi Rachman MBa mengatakan, Keberadaan Kodim didaerah tentunya sangat membantu pemerintah dalam menangani berbagai permasalahan di tengah masyarakat. Karena itulah, dia berharap keberadaan Makodim di Rohil ini akan memberikan banyak manfaat pada terciptanya kondisi yang kondusif di wilayah ROkan Hilir dan sekitarnya.
 
"Kami sering turun kekabupaten/kota yang ada diriau untuk melakukan konsultasi terkait bencana banjir dan karhutla dengan pimpinan TNI setempat. Sayangnya, Pimpinan TNI didaerah itu orangnya hanya itu-itu saja,'' ungkap dia. 
 
Kedepannya, Andi berharap setiap kabupaten/kota itu memiliki Makodim tersendiri,dengan banyaknya Makodim tentunya berbagai permasalahan didaerah akan cepat teratasi.
 
Sementara Bupati Rohil, H Suyatno Amp dalam sambutannya menyampaikan rasa syukur atas berdirinya Makoramil Bagansiapiapi ini. Gedung mewah berlantai 2 ini diharapkan dia mampu mendukung tugas TNI dalam mengawal wilayah Republik Indonesia bukan saja dari serangan musuh, namun juga dalam menciptakan situasi keamanan wilayah. " Alhamdulillah, hari ini Rohil telah memiliki makodim tersendiri, semoga bermanfaat banyak untuk mendukung tugas TNI ke depannya, "ucap Suyatno. (R15)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index