Buktikan Perusahaan Daerah Juga Mampu Kelola Blok Rokan,  Edwin Pratama Tawarkan Beauty Contest...

Senin, 25 Januari 2021 | 23:51:12 WIB
Buktikan Perusahaan Daerah Juga Mampu Kelola Blok Rokan,  Edwin Pratama  Tawarkan  Beauty Contest...
Ket Foto : Anggota DPD RI asal pemilihan Riau, Edwin Pratama Putra

PEKANBARU (RIAUSKY.COM)- Legislator Riau di Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Republik Indonesia (RI) Edwin Pratama Putra berharap ada perusahaan daerah di Riau yang bisa berperan dalam pengelolaan Blok Rokan pasca peralihan dari PT Chevron Pacific Indonesia (CPI) kepada Pertamina. 

Dia menilai, perusahaan daerah, baik itu yang merupakan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) maupun swasta, ada beberapa di antaranya yang mempunyai kemampuan dalam pengelolaan blok minyak.

''Sebenarnya kita punya, dan kita sudah buktikan, tinggal sekarang bagaimana merealisasikannya. Kalau secara aturannya, kan dibenarkan ada Participating Interest 10 persen dan partisipasi dalam bidang lain sebesar 30 persen,'' kata Edwin.

''Bila kaitannya dengan perusahaan daerah, kita melihat mampu. Tapi tentunya secara teknis harus didukung. Saya kan tak mungkin masuk ke wilayah teknis itu, itu domainnya Pak Gubernur. Tapi saya melihat pada prinsipnya kalau didukung pasti mampu,'' ungkap dia. 

Dia juga mencontohkan bahwa ada perusahaan di Riau yang mengelola blok eks Chevron seperti di Blok Coastal Plains Pekanbaru (CPP Blok). 

''Nah, kalau kekhawatirannya produksi akan turun, itu kembali lagi kepada hal teknis, seperti teknologi dan sumber daya manusia. Kalau memang harus, mengapa tidak, membayar orang yang benar-benar ahli? yang Skill-nya memang itu. Tak masalahkan? Begitupun untuk teknologi, sekarang bisa pilih. Saya ada lihat beberapa presentasi perusahaan yang memperlihatkan teknologi dalam industri perminyakan ini, teknologi kan tidak cuma satu?'' papar Edwin. 

Karena itulah, dia sangat yakin, kalau dalam pengelolaan blok Rokan ini, perusahaan lokal bisa bersaing. 

''Tapi kita lihatlah, realisasinya sampai nanti diumumkan pada bulan Juli -Agustus. Karena disana nanti akan tergambar soal komitmen melibatkan daerah ini. Kita pastinya akan pantau dan minta Pertamina komit untuk mendukung daerah,'' imbuh dia lagi. 

Kenapa? karena ini berkaitan dengan upaya ikut membangun daerah, mendukung pemberdayaan sumber daya manusia juga memberikan kontribusi bagi pemerintah daerah yang hasilnya nantinya juga akan bisa digunakan untuk membangun.

Karena itulah, dia sebenarnya punya keinginan, bila memang diperlukan untuk membuktikan mampu atau tidak, tidak ada salahnya bila pemerintah daerah melakukan beauty contest untuk mencari  teknologi ataupun orang yang memang  dipersiapkan untuk mendukung pada arah keterlibatan dalam pengelolaan blok Rokan ini. ''Kenapa tidak? kalau kita ingin memastikan benar-benar sanggup,'' tutup dia.  (R02)

 

loading...

FOLLOW Twitter @riausky dan LIKE Halaman Facebook: RiauSky.Com



 
Cetak Akses RiauSky.Com Via Mobile m.riausky.com
Tulis Komentar Index »
IKLAN BARIS