Disketapang Mulai Bahas Pemanfaatan IT Sektor Pangan

Disketapang Mulai Bahas Pemanfaatan IT Sektor Pangan
Kepala Dinas Ketahanan Pangan Disketapang Alek Kurniawan

PEKANBARU (RIAUSKY.COM)- Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru berupaya melakukan digitalisasi. Termasuk perlakuan kepada sektor pangan harus didukung digitalisasi yang baik, kalau tidak ingin pangan berdaulat dikatakan hanya sebatas slogan. 

"Digitalisasi telah menjamur di berbagai sektor, untuk sektor se-strategis dan mendasar seperti ketahanan pangan ini mestinya sudah digital," ujar Kepala Dinas Ketahanan Pangan Disketapang Alek Kurniawan MSi, Rabu (3/3).

Alek menyebutkan digitalisasi di sektor pangan dan pertanian harus terus didorong agar visi dalam mewujudkan Indonesia sebagai lumbung pangan dunia 2045 dapat tercapai. 

"Jadi smart city memang tidak melulu bicara soal internet dan aplikasi saja, diluar itu juga masih banyak indikator indikator lain untuk dikatakan smart. Poin pentingnya adalah bagaimana pekerjaan ini bisa lebih efektif dan efisien, nah disitulah smart-nya, inilah poin dari pemanfaatan IT yang akan kita bangun pada Disketapang Pekanbaru," katanya.

Dalam rangka optimalisasi tupoksi Disketapang, pemanfaatan teknologi informasi untuk layanan publik di bidang ketahanan pangan perlu dikedepankan.

Dia juga menekankan, bahwa untuk lebih fungsionalnya aplikasi yang akan dirancang, maka butuh perencanaan dan penelaahan yang sesuai dengan tupoksinya Disketapang itu sendiri.

Diharapkannya, nantinya output digitalisasi yang dihasilkan betul betul bermanfaat bagi pelaksana tupoksi kedinasan ketapang kedepannya. Memberikan output yang jelas, terukur dengan prinsip efektif dan efisien sehingga informasi informasi strategis di bidang pertanian dan pangan mampu menjadi dasar yang jelas dan terukur dalam menelurkan opsi-opsi kebijakan yang pro pelaku pangan dan stakeholder terkait lainnya.

"Ada atau tidak adanya covid-19, sebenarnya isu-isu ketahanan pangan selalu menjadi isu strategis, apalagi pada masa Covid-19 ini. Makanya kita harus memanfaatkan seluruh media yang ada untuk optimalisasi kegiatan kegiatan di Ketapang salah satu lewat pemanfaatan teknologi informasi untuk layanan publik ini," sambungnya. (PKU/kom)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index