Ikuti Rakor Pengendalian Karhutla Se Prov Riau Secara Virtual, Sekda Dan Forkompinda Lakukan Peninjauan Ke Posko Karhutla Rohul

Ikuti Rakor Pengendalian Karhutla Se Prov Riau Secara Virtual, Sekda Dan Forkompinda Lakukan Peninjauan Ke Posko Karhutla Rohul

PASIR PENGARAIAN (RIAUSKY.COM) - Rakor secara Virtual bersama Pemerintah dan Forkompinda se Provinsi Riau dalam rangka pengendalian Karhutla di Prov.Riau yang dipimpin langsung oleh Gubernur Riau (Gubri) H.Syamsuar bersama Kapolda Riau dan Forkompinda, langsung dari Balai Serindit Kebernuran Prov.Riau, Senin (8/3/2021).

Rakor ini membahas tentang evaluasi kinerja yang dilakukan dalam beberapa waktu lalu yang mana di Riau tahun 2021 telah ditetapkan Siaga Darurat terkait Karhutla.

Rakor pengendalian Karhutla ini di ikuti juga Kapolres Rohul AKBP Taupfiq Lukman Nurhidayat SIK MH, Sekda Rohul H.Abdul Haris,S.Sos,M.Si, Danramil Rambah, Sekretaris BPBD Rohul, Perwakilan Kejaksaan Negeri Pasir Pengaraian serta

Gubri H.Syamsuar menyampaikan bahwa Dalam pengendalian Karhutla perlu dilakukan koordinasi hingga ke RW dan RT, jangan hanya sampai Ke Kepala Desa karena dikhawatirkan tidak sampainya pesan yang ingin di sampaikan,

"Untuk menghindari terjadinya kebakaran hutan dan lahan, Solusi yang akan dilakukan adalah penyediaan alat yang bisa dilakukan untuk pembukaan lahan yang diberikan kepada warga yang tidak mampu secara gratis dalam pembukaan lahan, namun tetap akan menyewa bagi warga yang mampu. Saat ini alat Eskapator sudah di sediakan di setiap UPT yang ditempatkan di PU Se Provinsi Riau" Ujar Gubernur Riau

Riau sudah memiliki Perda no.1 tahun 2019 tentang pedoman teknis penanggulangan Karlahut dan Pergub no 9 tahun 2020 tentang prosedur tetap kriteria penetapan status keadaan darurat dan komando satuan tugas pengendalian Karhutla di Prov.Riau.

Sementara itu di Kabupaten Rokan Hulu(Rohul), Kapolres Rohul AKBP.Taupfiq Lukman Nurhidayat, S.I.K.M.H saat di wawancarai mengatakan khusus di Rohul Pihaknya bersama dengan pemerintah daerah . dalam hal ini instansi terkait telah menginventarisasi daerah rawan yang berkaitan dengan karlahut dalam upaya saat ini melakukan mitigasi dalam hal patroli karhutla dan memberikan himbauan kepada masyarakat.

"Saat ini kami juga bersama Pemda Rohul melakukan pengecekan posko kabupaten yang berada di BPBD Rohul dan akan dilakukan juga rencana penempatan posko di 3 Polsek yakni Polsek Kabin, Polsek Rokan IV Koto dan Polsek Bonai dengan alasan lebih memudahkan untuk mencegah lebih dini jika terjadi karhutla" ujar Kapolres Rohul

Dirinya menegaskan bahwa saat ini di Kabupaten Rokan Hulu belum ada ditemukan kebakaran lahan dan hutan, memang ada di deteksi titik api melalui Aplikasi lancang kuning namun bukan merupakan kebakaran lahan maupun hutan.

Selanjutnya Sekda Rohul Abdul Haris juga menjelaskan bahwa di Rokan Hulu telah dilakukan upaya yang luar biasa seperti halnya melakukan mitigasi berupa patroli karhutla baik secara fisik maupun secara elektronik dan sampai saat ini belum terjadi ditemukannya titik api setelah dilakukan verifikasi.

Sekda menambahkan bahwayang menjadi perhatian gubernur Riau kepada seluruh kabupaten kota termasuk Rokan Hulu adalah ketersediaan sarana dan prasarana untuk memadamkan api, di Rohul sendiri dari awal sudah berupaya memenuhi sarana dan prasarana yang dibutuhkan.

"Kita juga berterima kasih kepada pemerintah pusat dan provinsi Riau yang telah memenuhi kebutuhan kita terutama alat angkut, serta di Rohul sendiri telah ada ketersediaan pompa yang mana saat ini ada lebih kurang 50 pompa dengan berbagai jenis" jelas nya.

"Kita selalu bersinergi bersama seluruh Forkompinda dan aparatur kecamatan serta seluruh masyarakat untuk menjaga sebagaimana sebelumnya kita bersih dari titik api seperti tahun tahun sebelumnya" tambahnya.

Sekda menghimbau kepada seluruh masyarakat Rohul untuk tidak melakukan pembakaran baik sengaja maupun tidak sengaja dan lakukan koordinasi dengan pemerintah daerah jika ingin membuka lahan sebab saat ini telah ada program pemerintah provinsi menyediakan alat untuk membantu masyarakat yang ingin membuka lahan baik masyarakat yang mampu dengan cara menyewa dan masyarakat  yang tidak mampu yang bisa dilakukan dengan cara cuma cuma,saat ini di rohul telah disediakan 1 alat excavator yang berada di UPTD PUPR Provinsi Riau.

Usai mengikuti Vidcon bersama Gubri, Sekda dan Kapolres Rohul bersama Forkompinda lainnya melakukan peninjauan ke Posko Karhutla di BPBD Rohul dalam hal memastikan seluruh ketersediaan peralatan penanganan karhutla. (MC/Kominfo/R19).

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index