Diskopdagrin Kuansing Prediksi Ketersediaan Bahan Kebutuhan Pokok Cukup Hingga Lebaran

Diskopdagrin Kuansing Prediksi Ketersediaan Bahan Kebutuhan Pokok Cukup Hingga Lebaran
Kepala Dinas Koperasi Perdagangan dan Industri Kabupaten Kuantan Singingi Drs. Azhar MM.

TELUKKUANTAN (RIAUSKY.COM)- Dinas Koperasi Perdagangan dan Industri  Kuantan Singingi memprediksi ketersediaan bahan kebutuhan pokok di daerah tercukupi selama bulan Ramadhan.

Bahkan, ketersediaan pasokan sembako tersebut dipastikan aman hingga Idul Fitri yang akan datang. 

Itu diungkapkan Kepala Dinas Koperasi Perdagangan dan Industri Kabupaten Kuantan Singingi Drs. Azhar MM, Rabu,(17/03) di Teluk Kuantan. 

Satu-satunya yang dia khawatikan adalah kemungkinan terjadinya penumpukan barang oleh distributor. 

''Untuk itu, kami terus melakukan sosialisasi dan mengingatkan pelaku usaha demi memastikan kelancaran arus pasokan kebutuhan pokok di tengah masyarakat selama Ramadhan,'' ungkap dia.

Menurut Azhar, berdasarkan pantauannya di lapangan, ketersediaan bahan pokok untuk selama Bulan Suci Ramadhan hingga lebaran nanti insya Allah terpenuhi.

Azhar mengatakan untuk saat ini berdasarkan peninjauan ke agen-agen dan distributor tetap tersedia. Adapun untuk masyarakat agar tidak perlu panik untuk kelangkaan bahan pokok pada saat bulan suci Ramadhan nantinya.

Sementara terkait harga, Azhar memperkirakan  kemungkinan akan ada sedikit kenaikan dari harga biasa. 

Situasi itu, dikatakan dia sesuai dengan hukum pasar, dimana terjadi peningkatan permintaan barang akibat kebutuhan yang juga meningkat yang akan berpengaruh pada harga.

Karena itulah, sebut Azhar, dia mengajak dan mengimbau distributor dan agen-agen agar tidak menumpuk barang. Karena itu akan berimplikasi pada harga di pasar. 

Sejauh ini, kata Azhar, untuk pantauan harga barang pada minggu ini terjadi sedikit kenaikkan harga, seperti cabe merah, sedangkan untuk cabe hijau terjadi penurunan harga.

Namun kenaikan itu tidak terkait permainan harga, tapi lebih karena permintaan pasar.

Adapun harga cabe merah biasanya di jual perkilo di pasaran berkisar Rp48.000  pada minggu ini, Naik menjadi Rp55.000 perkilonya, atau naik berkisar  Rp7.000 rupiah per kilo.

Sementara untuk cabe rawit hijau mengalami penurunan Harga dari Rp50.000 per kilo menjadi Rp40.000 per kilonya, atau turun sekitar Rp10.000  per kilonya.(R12) 
 

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index