Wawako Kukuhkan RT/RW Hasil Pemilihan Serentak Kelurahan Sidomulyo Timur

Wawako Kukuhkan RT/RW Hasil Pemilihan Serentak Kelurahan Sidomulyo Timur
Wakil Walikota Pekanbaru, H. Ayat Cahyadi, S.Si mengukuhkan sebanyak 31 RT/RW hasil pemilihan serentak se-Kelurahan Sidomulyo Timur, Kecamatan Marpoyan Damai

PEKANBARU (RIAUSKY.COM)- Wakil Walikota Pekanbaru, H. Ayat Cahyadi, S.Si mengukuhkan sebanyak 31 RT/RW hasil pemilihan serentak se-Kelurahan Sidomulyo Timur, Kecamatan Marpoyan Damai, Minggu (25/3). 

Pengukuhan berlangsung di halaman Kantor Lurah Sidomulyo Timur. Dalam kegiatan ini juga dihadiri Anggota DPRD Riau, Syahroni Tua, Ketua DPRD Pekanbaru, Hamdani, Anggota DPRD Pekanbaru, Nurul Ikhsan, Camat Marpoyan Damai, Junaedy, S.Sos.,M.Si, Lurah Sidomulyo Timur, Edwar Brata Putra, tokoh masyarakat dan sejumlah Forkopincam. 

Dalam amanatnya, Wakil Walikota Pekanbaru, Ayat Cahyadi menyambut baik kegiatan ini sebagai pilot project reformasi birokrasi dan salah satu bentuk perhatian pemerintah kepada RT/RW. 

"Dengan segala keterbatasan yang dimiliki, RT/RW tetap dituntut untuk melayani masyarakat secara maksimal. Oleh sebab itu, dibutuhkan keikhlasan agar dalam menjalankan tugas RTRW tidak terbeban dan mudah-mudahan amal jariah ini bernilai ibadah nantinya," kata Ayat.

Ayat berharap agar RT/RW yang telah dikukuhkan dapat mengemban tugas nya dengan baik, dan dapat membantunya perpanjang tanganan pemerintah. 

Camat Marpoyan Damai, Junaedy menyampaikan, bahwa keberhasilan Kelurahan Sidomulyo Timur melaksanakan Pemilihan RT/RW se-kelurahan menjadi inovasi yang akan diupayakan agar diterapkan di kelurahan lain se-Kecamatan Marpoyan Damai. Kedepan diusulkan untuk diadopsi oleh Pemerintah Kota Pekanbaru.

"Setelah pemilihan RT/RW serentak ini terlaksana 2 kali di Kelurahan Sidomulyo Timur dengan baik, kemudian kita evaluasi, ternyata banyak dampak positif dari kegiatan ini," terangnya. 

Seperti tingginya antusias masyarakat yang ditandai dengan tingkat kehadiran warga di Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang mencapai 90 persen. Biaya lebih murah, Peraturan Daerah (Perda) dan Peraturan Walikota (Perwako) dapat terlaksana dengan baik serta menjadi salah satu sarana edukasi demokrasi masyarakat. 

Ditambahkan Lurah Sidomulyo Timur, Edwar Brata Putra, S.IP, bahwa kegiatan ini dapat terlaksana karena bimbingan Camat Marpoyan Damai dan dukungan semua pihak yang ada dikelurahan Sidomulyo Timur. 

"Ini adalah upaya kita dalam meningkatkan eksistensi RT/RW di tengah masyarakat dan pemerintah. Harapan kita, fungsi RT/RW menjadi lebih dihargai dan dihormati karena untuk menjadi RT/RW itu tidak mudah," ungkapnya.

Menurutnya, ada persyaratan yang harus dipenuhi untuk menjadi RT/RW. Kemudian ada kompetisi yang harus dilalui dan tidak semua orang sanggup menjadi RT/RW. 

Ia menyebut, pemilihan RT/RW serentak Kelurahan Sidomulyo Timur yang pertama dilaksanakan pada 25 Oktober 2020 lalu. Dengan melibatkan 10 RT/RW. Terdiri dari 5 RW dan 5 RT. Pengukuhannya dilaksanakan pada 12 November 2020 di Aula kantor Lurah Sidomulyo Timur. 

"Dan hari ini merupakan pemilihan serentak untuk kedua kalinya, dan berlangsung sukses," tutupnya. (Kom/PKU)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index