IAI Rohil Gelar Workshop Dan Rakercab, Ini Harapan Maria Susanti Kepada Pemerintah

IAI Rohil Gelar Workshop Dan Rakercab, Ini Harapan Maria Susanti Kepada Pemerintah

ROKAN HILIR (RIAUSKY.COM) - Bupati Rokan Hilir ( Rohil ), Afrizal Sintong diwakili Pelaksana tugas ( Plt ) Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Rohil, Ahmad Yusuf SH. MH meresmikan acara Workshop dan Rakercab IAI PAC Rokan Hilir Periode 2019 - 2024.

Acara diselenggarakan pada Ahad (11/6/2021) sekira pukul 09.00 Wib di ruang Meeting Room Hotel BIT Ujungtanjung, Kecamatan Tanah Putih itu dihadiri oleh Ketua IAI Rohil, Maria Susanti S.Far beserta jajarannya, Ketua IAI Provinsi Riau, Dr. Hilwan Yuda, perwakilan Ikatan Dokter Indonesia ( IDI ), perwakilan Ikatan Kesehatan Masyarakat Indonesia ( IAKMI ), dan jajaran pengurus Apoteker Rohil.

Bertindak sebagai narasumber dalam acara Workshop dan Rakercab IAI PAC Rokan Hilir Periode 2019 - 2024 itu yakni, Dr. Hilwan Yuda dan Rudi Hendra MSc dengan moderator Maria Susanti S.Far.

Ketua pelaksana acara, Heri Irwan mengucapkan ribuan terimakasih atas kehadiran para undangan. "Saya juga mengucapkan terimakasih kepada rekan-rekan yang telah bekerja keras mempersiapkan kegiatan ini. Untuk itu diharapkan acara bisa berjalan lancar, dan mari kita petik ilmu dalam kegiatan ini," paparnya.

Sementara itu Ketua IAI Kabupaten Rohil, Maria Susanti S.Far, menerangkan bahwa pihaknya dilantik pada 13 Januari 2019 kemarin. Namun karena Indonesia pada umumnya Dunia dilanda pandemi Covid 19, dan dampai sekarang pun masih pandemi, tapi dengan mematuhi prokes baru sekarang bisa dilakukan acara Workshop dan Rakercap IAI PAC Rohil tersebut. "Untuk saat ini jumlah jajaran Apoteker sebanyak lebih kurang 59 orang. Dan itu terbagi berada di apotik, rumah sakit dan puskesmas," katanya.

Menurutnya jumlah tersebut sangatlah minim bila dibanding dengan jumlah rumah sakit, apotik dan puskesmas yang ada di Rohil. "Padahal kita semua tau Apoteker ini sangat penting dalam pemberian obat untuk masyarakat," katanya.

Maria Susanti berharap kedepan Pemkab Rohil bisa lebih bisa memperhatikan dan bisa membetikan kesejahteraan di jajaran Apoteker. Dengan tujuan pelayanan kesehatan khususnya untuk pemberian obat ke masyarakat bisa lebih maksimal. "Semoga dengan kehadiran Kepala Dinas Kesehatan bisa nanti menyampaikan ke Bupati Rohil dan Wakil Bupati Rohil, hingga bisa nanti direalisasikan kerjasama dengan Apoteker," ungkapnya.

Senada diungkapkan Ketua IAI Provinsi Riau, Dr. Hilwan Yuda. Menurutnya pelaksanaan vaksinasi yang dilakukan saat ini sangat diperlukan ada Apoteker nya. "Selain itu untuk Puskesmas yang buka 24 jam sebaiknya ada dua ( 2 ) orang Apoteker nya, sehingga pelayanan pemberian obat terhadap masyarakat yang menjadi pasien bisa berjalan baik," katanya.

Hilwan Yuda berharap kepada seluruh Apoteker yang hadir pada acara itu, agar bisa mengikuti dengan baik. Sehingga kedepan pelayanan dalam era digital saat ini dapat dimengerti, hingga bisa disampaikan ke lapisan masyarakat nantinya. 

"Saya menyarankan Apoteker ini harus bisa setara perhatian dengan pihak sejawat seperti dokter. Sebab tanggung jawab Apoteker ini juga besar dalam kesehatan masyarakat," paparnya.

Sementara itu, Plt. Kepala Dinas Kesehatan Ahmad Yusuf SH. MH menyampaikan permohonan maaf Bupati Rohil, Afrizal Sintong karena tidak bisa hadir dalam acara  acara Workshop dan Rakercab IAI PAC Rokan Hilir Periode 2019 - 2024.

Dikatakannya, bahwa pihaknya memberikan apresiasi dengan adanya acara tersebut. Bahkan Ahmad Yusuf menyampaikan bahwa Bupati dan Wakil Bupati Rohil saat ini merupakan sosok yang mempunyai perhatian kesehatan untuk masyatakat, terutama masyarakat dikalangan bawah.

"Bahkan dalam 100 hari kerja Bupati dan Wakil Bupati sangat berpesan dengan pihak kesehatan, agar bisa meningkatkan pelayanan publik ditengah masyarakat. Untuk itu kami harapkan kita semua bisa melaksanakannnya, baik itu dalam kwalitas maupun kwantitas," kata Ahmad Yusuf.

Terlait perhatian kesejahteraan jajaran Apoteker seperti dikatakan Ketua IAI cabang Rohil, Ahmad Yusuf mengatakan akan menyampaikan hal tersebut ke Bupati dan Wakil Bupati Rohil. "Semoga dengan kami sampaikan nanti, perhatian dan kesejahteraan jajaran Apoteker bisa setara dengan pihak kesehatan lainnya," ujar Ahmad Yusuf.

Usai kata sambutan oleh para petinggi yang hadir dalam acara tersebut diatas, acara dilanjutkan dengan pembukaan secara resmi Workshop dan Rakercap IAI PAC Rohil yang ditandai memukul Gong oleh Plt Kepala Dinas Kesehatan sebanyak tiga kali. Kemudian para Apotekeler mengikuti dengan baik acara tersebut. (R15)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index