Akhiri Masa Tugas Mahasiswa PBL STIKes Hangtuah Kelurahan Simpang Tiga Serahkan Tempat cuci Tangan

Rabu, 13 Oktober 2021 | 17:44:51 WIB
Akhiri Masa Tugas Mahasiswa PBL STIKes Hangtuah Kelurahan Simpang Tiga Serahkan Tempat cuci Tangan
Ket Foto :

PEKANBARU (RIAUSKY.COM) - Sebanyak 8 orang mahasiswa/i Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKes) Hangtuah Pekanbaru selesai  melakukan Praktek Belajar Lapangan (PBL) di Kelurahan Simpang Tiga.

PBL sendiri dimulai dari tanggal (13/09) hingga (13/10).

Seperti biasanya sebelum dimulainya PBL pihak Kampus melakukan serah terima dari dosen pembimbing akademik (DPA) kepada pembimbing lapangan dimana mereka adalah perwakilan Puskesmas Harapan Raya Dewi Yulianingsih dan Ketua LPM Kelurahan Simpang Tiga Susilo.

Dalam Penutupan yang dilakukan hari ini, Rabu (13/10/2021) di aula kantor lurah Simpang Tiga dihadiri oleh Lurah Simpang Tiga Muhammad Nasir, DPA Cristine Vita GP, Babinpotdirga Lanud Rsn Peltu Sutarmo, Ketua LPM Kelurahan Simpang Tiga Susilo, serta perwakilan tokoh masyarakat di RW 01.

Adapun mahasiswa/i yang ditugas dikelurahan Simpang Tiga kecamatan Bukitraya Kota Pekanbaru merupakan kelompok 14 yang diketuai oleh Muhammad Ade Setiawan, bersama rekannya.

Selama sebulan melakukan PBL kelompok 14 telah melakukan beberapa program kerja seperti memberikan penyuluhan tentang pentingnya menerapkan protokol kesehatan (prokes) di masa new normal saat ini.

Selain itu menurut Ade selaku ketua kelompok mereka juga melakukan gotong royong bersama warga dengan tujuan untuk tetap menerapkan pola hidup bersih dan sehat namun tetap menerapkan prokes dalam setiap kegiatan. 

"Alhamdulillah kedatangan kami dapat disambut hangat oleh masyarakat, sehingga kami dapat menjalan program yang telah kami susun,  walaupun ada beberapa kekurangan disinilah kami untuk belajar menerima saran dan juga masukan dari masyarakat dan perangkat kelurahan sehingga kami lebih baik kedepannya,'' ungkap dia.

''Harapan kami dengan adanya kami disini bisa memberikan manfaat dan edukasi kepada masyarakat terutama mengenai masalah kesehatan dimana kami telah bekerjasama dengan puskesmas dan juga perangkat kelurahan," ucap Ade kepada riausky.com.

Sementara selaku Pembimbing Lapangan Dewi Yulianingsih mengatakan, "Terima kasih kami ucapkan kepada Adik-adik STIKes Hangtuah yang telah membantu kami pihak Puskesmas memberikan edukasi kepada masyarakat tentang pentingnya untuk selalu menjaga dan menerapkan prokes disetiap kegiatan masyarakat. " Ucap Dewi. 

"Semoga apa yang telah didapat dibangku perkuliahan dan diterapkan saat ini di lingkungan RW 01 Kelurahan Simpang Tiga bisa menjadi bekal bagi adik-adik untuk terjun ke masyarakat kedepannya sehingga bisa berguna dan bermanfaat bagi adik-adik dan masyarakat luas"harapan Susilo selaku pembimbing lapangan sekaligus ketua LPM Kelurahan Simpang Tiga.

Sementara Lurah Muhammad Nasir mengatakan, setelah sebulan menjalankan PBL di lingkungan Kelurahan Simpang Tiga terutama RW 01 dapat membantu pemerintah dan pihak puskesmas untuk memberikan penyuluhan serta edukasi kepada masyarakat agar lebih memperhatikan kesehatan diri sendiri, keluarga dan lingkungan. 

Keberadaan para mahasiswa ini kedepannya akan menjadi ujung tombak bagi masyarakat kita untuk lebih baik kedepannya dan menjadi lebih dekat dengan masyarakat. 
''Kami berharap ilmu yang telah diterapkan selama sebulan ini akan menjadi bekal mereka untuk memberikan yang terbaik bagi masyarakat kedepannya terutama menyangkut permasalahan kesehatan,'' kata dia. 

Sementara DPA Cristine Vita GP memiliki harapan,  pengalaman PBL ini menjadi pembelajaran yang berharga bagi para mahasiswa, sehingga kelak dalam dunia kerja mampu beradaptasi, berkomunikasi serta berkoordinasi dengan berbagai pihak dalam menyelesaikan pekerjaan masing-masing. 

Dalam perpisahan hari ini mahasiswa memberikan cinderamata berupa alat cuci tangan untuk kelurahan Simpang Tiga dan mereka juga menerima sertifikat sebagai bukti dari pengabdian mereka selama sebulan yang diberikan oleh Pembimbing Lapangan.(R06)


FOLLOW Twitter @riausky dan LIKE Halaman Facebook: RiauSky.Com



 
Cetak Akses RiauSky.Com Via Mobile m.riausky.com
Tulis Komentar Index »
IKLAN BARIS