Rumah Batik Dekranasda Dapat Kunjungan Murid dan Guru TK Pembina Kerinci Kanan, Rasidah: Ini Momen Mengenalkan Batik Siak Sejak DIni...

Rumah Batik Dekranasda Dapat Kunjungan Murid  dan Guru TK Pembina Kerinci Kanan, Rasidah: Ini Momen Mengenalkan Batik Siak Sejak DIni...
Ketua Dekranasda Siak Rasidah Abdulgani menilat murid-murid TK Pembina Kerinci Kanan memberi warna motif batik.

SIAK (RIAUSKY.COM)- Dekranasda Kabupaten Siak mengajarkan teknik membatik bagi murid-murid Taman kanak-kanak (TK) Negeri Pembina Kecamatan Kerinci Kanan, Kamis (21/10/2021).

Pelaksanaan pembelajaran membatik tersebut dilakukan ketika para guru, orang tua dan murid TK tersebut berkunjung ke rumah batik Dekranasda.

Mereka disambut oleh Ketua Dekranasda Siak, Hj Rasidah Abdulgani

Totalnya ada tak kurang dari 29 orang anak dan guru yang hadir pada kesempatan khusus belajar membuat batik Siak tersebut.

Ketua Dekranasda SIak Rasidah juga mengaku sangat bangga dengan kehadiran para murid-murid TK ini. 

Dia bahkan mengapresiasi kedatangan tersebut. ''Ini tentunya sesuatu yang membanggakan dan menggembirakan, karena, ini adalah momen yang sangat berarti untuk bisa memperkenalkan batik Siak kepada anak-anak semenjak usia dini. 

“Semoga dengan mengenal batik Siak ini semenjak dini, anak-anak ini akan memiliki kecintaan kepada batik, khususnya batik dengan motif khas Siak,'' harap Rasidah disela-sela kunjungan.

Dia menyampaikan terima kasih kepada para guru dan orang tua yang berkenan membawa anak-anak usia dini untuk mengenal batik Siak ini. 

Mengenalkan  batik sejak dini adalah hal sangat baik sekali, karena batik merupakan warisan budaya yang harus dilestarikan.

Dia juga memperkenalkan, selain batik, Siak juga mempunyai kerajinan tradisional tenun siak.

Dia juga menjelaskan kalau tenun siak merupakan salah satu kerajinan para bangsawan di masa kerajaan Siak dulunya.

Hanya saja lanjut Ida, dimasa kerajaan dasar kainnya berwarna hitam dan motifnya berwarna kuning atau perak. Sedangkan saat ini, dasarnya menggunakan kain putih.

Menurut istri Bupati Siak itu, di balik keseruan membatik  terdapat pula berbagai manfaat bagi anak-anak. Seperti, mengasah kreativitas, melestarikan budaya bangsa, melatih kecerdasan motorik dan mengajarkan kesabaran.

Rasidah berharap kegiatan tersebut bisa diikuti oleh sekolah-sekolah lainnya, sehingga batik Siak bisa dikenal oleh masyarakat pada umumnya.

Sementara Kepala TK Negeri Pembina Kerinci Kanan Nila Kartika menjelaskan maksud kunjungannya adalah dalam rangka penguatan projek profil Pancasila.

Nila menyampaikan, sekolahnya tersebut terpilih sebagai sekolah penggerak dari 350 TK se-Indonesia dan 2500 lembaga yang terpilih se-Indonesia.

“Alhamdulillah kabupaten Siak ada empat lembaga yang terpilih sebagai program sekolah penggerak, ini terbanyak se Riau,” sebutnya.

Dirinya bermaksud memperkenalkan batik kepada anak-anak untuk menuju projek profil Pancasila terutama  untuk kebhinekaan.

Fokusnya adalah, mendidik anak-anak sejak dini bagaimana mencintai hasil karya dari Indonesia tercinta khususnya kerajinan dari Siak.

Batik yang diwarnai anak-anak TK tersebut adalah motif tanjak, motif padi, motif bunga melati, motif kembang loyang, motif Istana Siak, dan Pucuk nanas.(Advertorial)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index