Lakukan Pengecekan Lapangan, Marhumala Pontas: Dishub Kuansing Kembali Aktifkan Terminal Pasar Lumpur Teluk Kuantan

Lakukan Pengecekan Lapangan, Marhumala Pontas: Dishub Kuansing Kembali Aktifkan Terminal Pasar Lumpur Teluk Kuantan
Kepala Dinas Perhubungan Kuansing Marhumala Pontas dan jajaran melakukan pengecekan kondisi Terminal pasar Lumpur sebelum difungsikan kembali.

TELUKKUANTAN (RIAUSKY.COM)- Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Kuantan Singingi Marhumala Pontas lakukan pengecekan kondisi terminal Pasar Lumpur Telukkuantan, dalam waktu dekat.

Dia menjelaskan, bahwa dalam waktu dekat, Pemkab Kuansing melalui Dinas Perhubungan akan mengaktifkan kembali terminal Pasar Lumpur  tersebut.

Menurut Marhumala Pontas, terminal mulai tidak aktif sejak wabah covid-19, karena adanya pembatasan PPKM di wilayah kabupaten Kuantan Singingi.

Kebijakan penghentian aktivitas terminal pada saat itu dikarenakan pemerintah melakukan pengawasan ketat terhadap aktivitas masyarakat, termasuk mobilitas penduduk.

Suasana peninjauan  Terminal Pasar Lumpur menjelang dioperasikan kembali.

''Ini karena Terminal Pasar Lumpur merupakan pusat keramaian masyarakat, khususnya bagi mereka yang  akan menggunakan moda transportasi darat, antar provinsi antar kabupaten. Itu sebabnya sehingga terminal ditutup,'' kata dia.

Pada saat itu pun, sebut dia, aktivitas masyarakat pengguna moda transportasi darat antar provinsi ini  juga berkurang drastis, baik untuk mereka yang   datang maupun yang berpergian ke daerah lain.

 ''Kemudian saat ini keadaan sudah mulai normal, maka  Dishub kuansing sudah mulai membenahi dan membuka pelayanan untuk keberangkatan ke luar daerah,'' imbuh dia.

Sedangkan pihak Dishub Kuansing telah melakukan pengecekan pada tanggal 24/10/2021 terhadap terminal terkait semberawut dan keadaannya sudah mulai semak dan rumputnya sudah rimbun.

Tidak hanya itu,  Dishub Kuansing juga telah memanggil pihak PLN untuk mengaktifkan kembali lampu, serta mempersiapkan dan membenahi Pos untuk aktif kembali serta melengkapi lampu penerangan di wilayah terminal.

Marhumala Pontas

Ditambahkannya lagi, ''jika terminal nantinya sudah aktif maka seluruh armada seperti travel dan lainnya, ataupun pangkalan travel yang ada di Telukkuantan, kita surati nantinya, agar pangkalan travel tersebut tidak ada lagi semuanya harus melalui terminal kita,'' ungkap dia.

Terkait hal ini, dengan aktifnya terminal nanti maka seluruh travel yang ada di kabupaten kuantan singingi wajib melalui terminal untuk mengambil sewa, sehingga tidak ada lagi mengalami kemacetan di wilayah teluk kuantan.

Kendati dengan aktifnya terminal kita ini, sehingga mampu meningkatkan PAD kabupaten kuantan singingi dimasa yang akan datang.

Suasana peninjauan kesiapan Terminal   Pasar Lumpur Telukkuantan.

Pendapatan di Terminal Pasar Lumpur Telukkuantan ini pertahunnya mencapai Rp150 hingga Rp200 juta pertahunnya.

''Ini masih tergolong rendah untuk PAD Terminal Teluk Kuantan. Kemudian ditambah dengan sewa kios yang ada di wilayah terminal teluk kuantan,'' imbuh dia.

Marhumala Pontas menargetkan untuk pengaktifkan terminal paling lambat bulan November ini. 

''Dishub kuansing akan memacu untuk pembenahan dan pembersihan terminal dalam waktu dua minggu ini,''pungkasnya.(Advertorial Pemkab Kuansing)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index