Kejar Herd Immunity, Bupati Siak Minta Tambahan Vaksin ke Kementerian Kesehatan RI

Kejar Herd Immunity, Bupati Siak Minta Tambahan Vaksin ke Kementerian Kesehatan RI
Bupati SIak Alfedri menyerahkan cinderamata kepada Plt Direktur Surveilans dan Karantina Kesehatan dr Prima Yosephine.

SIAK (RIAUSKY.COM)- Mengejar target herd immunity sebanyak 70 persen penduduk, Bupati kabupaten Siak, Alfedri mengajukan usulan penambahan vaksin kepada Kementerian Kesehatan RI.

Bupati Siak Alfdri dan jajaran langsung berkonsultasi dengan Dirjen P2P diterima langsung Plt Direktur Surveilans dan Karantina Kesehatan Kementrian Kesehatan dr Prima Yosephine di dampingi Koordinator imunisasi Iqbal Djakarya. 
''Jadi, Kami menyampaikan permintaaan tabah vaksin,” kata Alfedri, Kamis (04/11/2022).

Bupati Siak Alfedri mengungkapkan, pemerintah daerah mempunyai tugas besar yakni bisa mewujudkan herd immunity, yakni sebanyak 70 persen penduduk bisa tervaksinasi  untuk tahap I dan tahap II. ''Karena itulah, kita juga perlu memastikan kessiapan kita untuk vaksin,'' kata Bupati Alfedri. 

Salah satu yang dihadapi saat ini, aku Alfedri adalah, salah satunya ketersediaaan vaksin di lapangan, sehingga pelaksanaan vaksinasi juga bisa dilakukan percepatan.

Dengan ketersediaan vaksin yang mencukupi, sebut Alfedri, pihaknya bisa secepatnya juga melakukan perluasan untuk lokasi pelaksanaan vaksinasi dengan mengerahkan personel tenaga kesehatan yang ada maupun Satgas Covid-19 di Siak.

Alfedri menjelaskan, berdasarkan data yang dimiliki, total sasaran vaksin Covid-19 di kabupaten Siak baru mencapai 30 persen lebih dari total jumlah penduduk kabupaten Siak.

Saat ini Kabupaten Siak berada di level III dengan pasien terkonfirmasi jumlah 9.617 orang dan salah satu Kabupaten dengan angka kematian cukup tinggi di Provinsi Riau bahkan pernah masuk Level IV pada Zona Merah.

“Hal itulah membuat kami menemui Dirjen P2P diterima langsung Plt Direktur Surveilans dan Karantina Kesehatan Kementrian Kesehatan dr Prima Yosephine di dampingi Koordinator imunisasi Iqbal Djakarya. Kami menyampaikan permintaaan tambahan vaksin,” ungkap  Alfedri lagi.

Ia juga menyampaikan cakupan vaksin Covid-19 di kabupaten Siak untuk Dosis I : 30,08 persen, Dosis II: 19,73 persen. Target Vaksinasi ini terbilang rendah, untuk itu dirinya di dampingi kepala Dinas kesehatan Siak mengajukan permintaan.

“Antusias masyarakat kita cukup tinggi terhadap vaksin, tentu kita mengajukan permintaan vaksin Covid-19 sebanyak 100.000 dosis yang akan disebarkan nantinya ke 14 Kecamatan,” ujarnya.

Terpisah Plt Direktur Surveilans dan Karantina Kesehatan dr Prima Yosephine menjelaskan akan mengupayakan pemberian vaksin untuk kabupaten siak secara bertahap.

“Insyaallah, kami akan mengutamakan pengiriman 100.000 dosis untuk kabupaten Siak. Karena kata pak bupati tadi masyarakat di Siak antusiasnya cukup besar untuk divaksin. Kita harapkan 100 ribu vaksin akan turun dari Kemenkes secara bertahap,” kata Dia.

Dia juga meminta, dengan usulan penambahan ini, pemerintah  kabupaten Siak nantinya juga menyusun strategi pelaksanaan vaksinasi secara lebih massif, sehingga target herd immunity bisa tercapai segera menjelang akhir tahun ini.(Advertorial Pemkab Siak)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index