Sekolah Tatap Muka 100 Persen, Ini Kata Kepala Dinas Pendidikan Riau

Sekolah Tatap Muka 100 Persen, Ini Kata Kepala Dinas Pendidikan Riau
Aktivitas belajar tatap muka.

PEKANBARU (RIAUSKY.COM) - Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi Riau, belum bisa memastikan pelaksanaan sekolah tatap muka akan dimulai pada semester dua, atau di awal tahun tanggal 3 Januari 2022 mendatang. Karena hingga saat ini Disdik belum menerima petunjuk teknis, pelaksanaan sekolah tatap muka dari Kemendikbud - Ristek di masa pandemi COVID-19.

Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Riau, Kamsol, mengatakan, saat ini di Provinsi Riau masih dalam kondisi pandemi COVID-19. Walaupun sudah terjadi penurunan kasus dalam tiga bulan terakhir, menurut Kamsol, perlu ada regulasi pelaksanaan sekolah tatap muka dari pemerintah pusat, melalui Kementrian Pendidikan.

“Untuk sekolah tatap muka semester dua, kami masih menunggu regulasi terkait dengan kebijakan pemerintah. Apakah sekolah 100 persen tatap muka, kita akan berkoordinasi dulu dengan tim satgas COVID-19 kroscek ke lapangan,” ujar Kamsol, Kamis (30/12).

Dijelaskan Kamsol, untuk saat ini pihaknya masih terus menggesa progres target vaksinasi bagi tenaga pendidik dan peserta didik, di seluruh kabupaten kota. Karena, hingga saat ini persentase vaksinasi masih belum sesuai harapan. Pihaknya menargetkan 100 persen vaksinasi bagi tenaga pendidik dan peserta didik.

“Sekarang ini kita masih berusaha untuk meningkatkan target kita, masalah vaksin bagi tenaga pendidik dan peserta didik. Masih ada 30 persen lagi yang belum divaksin. Walaupun kita sudah keluarkan surat keseluruh sekolah dan ada sangsi bagi yang tidak vaksin, kalau tidak juga akan kita berikan peringatan,” kata Kamsol.

“Sebenarnya guru dan siswa tak wajar diberi sanksi, tapi ini untuk kesehatan mereka, untuk meningkatkan kekebalan tubuh atau herd immunity. Kalau bagi yang tak bisa vaksin tunjukkan surat dokternya, jika dilihat keseharian di sekolah inikan banyak berkumpul, sehingga jika sudah kebal penularan kasus covid ini kan berkurang,” tegas Kamsol. (mcr)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index