Lantai Jembatan Gantung di Hilir Pancang Finish Tepian Narosa Menganga, Ini Jawaban Plt. Kadis PUPR Kuansing

Kamis, 20 Januari 2022 | 18:18:03 WIB
Lantai Jembatan Gantung di Hilir Pancang Finish Tepian Narosa Menganga, Ini Jawaban Plt. Kadis PUPR Kuansing
Ket Foto : Kondisi lantai jembatan gantung penghubung Desa Seberang Taluk dan Pasar Taluk rusak parah.

TELUK KUANTAN (RIAUSKY.COM)- Seng Plat Jembatan Gantung Penghubung Desa Seberang Taluk Dan Pasar Taluk Rusak Parah.

Ini diakibatkan kondisi jembatan yang sudah dimakan usia.

Berdasarkan pantauan awak media beberapa waktu lalu di teluk Kuantan, memang pada lantai jembatan gantung tersebut telah mengalami kerusakan parah, sehingga pengendara saat melintasi lobang harus menghindar ke tepi.

Adapun seng plat jembatan itu mengalami robek di beberapa titik di sepanjang jembatan. 

Diperkirakan ada 9 titik mengalami kerusakan, namun yang cukup parah ada enam titik di sepanjang jembatan gantung tersebut.

Menurut Kadri, warga yang melintasi jalan tersebut,  memang kondisi jembatan ini sangat memprihatinkan.  Disamping itu juga membahayakan bagi pengguna jalan.

Seng plat pada lantai jembatan sudah banyak mengalami kerusakan (koyak). Di perkirakan sudah hampir sebanyak 8-9 titik yang rusak parah.

Tidak hanya itu, kendaraan , pengguna jalan ini bisa mengalami ban bocor, dikarenakan seng Plat jembatan saat dilewati naik dan sangat Tajam.

kemudian ditambahkannya, Jembatan yang rusak para tersebut, pada bagian bawahnya sudah dibantu dengan papan agar bisa menahan beban kenderaan yang melewatinya.

Tidak hanya itu.

Pengendara yang mencoba melintasi juga agak menepi ke pinggir jembatan agar bisa melewatinya.

Hal ini rawan menyebabkan kecelakaan.

Belum lagi jika terjadi kecelakaan yang fatal, bisa menyebabkan jatuh ke batang Sungai Kuantan yang kondisi debit airnya  tidak menentu saat ini.

Tidak hanya itu, beberapa bulan lagi kabupaten Kuantan Singingi juga akan menggelar  pesta rakyat Pacu Jalur.

Biasanya terhitung  bulan Juni, untuk pacu rayon di tingkat kecamatan dilaksanakan. keberadaan jembatan itu tentunya sangat diperlukan masyarakat. 

Saat dikonfirmasikan riausky.com kepada plt kadis PUPR Kuansing Ade Fahrel, Kamis (20/01/2022) dikantornya, ia membenarkan adanya kerusakan pada lantai jembatan gantung yang berada di hilir pancang Finis Tepian Narosa Kecamatan Kuantan Tengah tersebut.

Diaa mengatakan, hal itu wajar rusak,  karena seng plat pada jembatan gantung tersebut sudah lama dan telah dimakan usia. 

Terakhir di lakukanperbaikan  pada tahun 2019 yang lalu.

Kendati begitu, lanjut dia,  jembatan gantung Polong Putui ini akan diperbaiki dan akan dilakukan renovasi secepatnya, karena ini merupakan akses jalan masyarakat umum,'' pungkas PAde Fahrel.(R12)


FOLLOW Twitter @riausky dan LIKE Halaman Facebook: RiauSky.Com



 
Cetak Akses RiauSky.Com Via Mobile m.riausky.com
Tulis Komentar Index »
IKLAN BARIS