Sudah Ada Omicron di 2 Provinsi Tetangga, Riau Belum Berniat Lakukan Penyekatan Mobilitas di Perbatasan

Jumat, 28 Januari 2022 | 06:19:36 WIB
Sudah Ada Omicron di 2 Provinsi Tetangga, Riau Belum Berniat Lakukan Penyekatan Mobilitas di Perbatasan
Ket Foto : Gubernur Riau Syamsuar

PEKANBARU (RIAUSKY.COM)- Varian baru virus Covid-19 Omicorn sudah terdeteksi di Provinsi tetangga Riau, yakni Sumatera Barat dan Kepulauan Riau (Kepri). 

Untuk itu Gubernur Riau, Syamsuar, meminta kepada masyarakat untuk tetap disiplin protokol kesehatan dan segera menjalani program vaksinasi yang digencarkan pemerintah. 

Hal ini untuk meningkatkan kekebalan tubuh, sehingga bisa mencegah penularan virus. 

“Yang penting sekarang protokol kesehatan, masker jangan dibuka. Selain itu, vaksin juga terus dilakukan sampai booster, masyarakat sudah bisa vaksin Booster,” ujar Gubri, Kamis (27/1).

Dijelaskan Gubri, walaupun di Sumbar dan Kepri telah terdeteksi virus Omicorn, Pemprov Riau belum berencana melakukan penyekatan di perbatasan Riau dengan provinsi tetangga. 

Namun, pihaknya saat ini terus mengamati stuasi di provinsi lain, agar varian Omicorn tidak masuk ke Riau.

"Kita terus mengawasi situasi di teman-teman di daerah lain mudahan-madahan Omicron tidak masuk Riau. Kita belum ada arah penyekatan di perbatasan. Karena kita lihat daerah lain di Indonesia juga belum ada melakukan penyekatan," jelasnya.

Sampai saat ini kata Gubri, kasus terkonfirmasi positif COVID-19 di Riau masih terdapat kasus positif, dan setiap sample yang masuk untuk mengetahui apakah varian Omicron terdeteksi di Provinsi Riau, pihaknya terus mengirim sampel yang dicurigai ada tanda-tanda Omicron ke Laboratorium Kemenkes di Jakarta. 

"Sampel tetap kita kirim ke Jakarta, Alhamdulillah sampai hari ini belum ada ditemukan pasien yang positif kena varian Omicron di Provinsi Riau," kata Gubri. 

Sementara itu, dari data kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Provinsi Riau, untuk hari Kamis (27/1), mulai mengalami kenaikan dengan terkonfirmasinya 12 kasus. Dalam beberapa bulan ini kasus di Provinsi Riau dibawah 10 kasus. 

“Hari ini kasus terkonfirmasi positif COVID-19 di Riau mengalami kenaikan 12 kasus, biasanya di bawah 10 kasus. Kita belum tahu apakah ini kasus omicorn atau tidak. Sample tetap dikirimkan ke lab Kemenkes,” kata Plt Kadis Kesehatan Provinsi Riau, Masrul Kasmy.(mcr) 


FOLLOW Twitter @riausky dan LIKE Halaman Facebook: RiauSky.Com



 
Cetak Akses RiauSky.Com Via Mobile m.riausky.com
Tulis Komentar Index »
IKLAN BARIS