Ada Kenaikan Permintaan, BI Pastikan Kebutuhan Uang Rupiah Saat Idul Fitri di Riau Bisa Terpenuhi

Ada Kenaikan Permintaan, BI Pastikan  Kebutuhan Uang Rupiah Saat Idul Fitri di Riau Bisa Terpenuhi
Media briefing Pemenuhan Kebutuhan Uang Rupiah dan Perkembangan Harga Bahan Pokok Menjelang Hari Raya Idul Fitri 1443/Riausky.com

PEKANBARU (RIAUSKY.COM) - Meski ada kenaikan permintaan, Bank Indonesia (BI) Riau memastikan kebutuhan uang saat lebaran Idul Fitri 1443 H bisa terpenuhi dengan.

Demikian disampaikan oleh Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Riau Bidang Sistem Pembayaran, Pengelolaan Uang Rupiah, dan Manajemen Internal, Asral Mashuri, Kamis (28/4/2022) saat media briefing
Pemenuhan Kebutuhan Uang Rupiah dan Perkembangan Harga Bahan Pokok Menjelang Hari Raya Idul Fitri 1443.

BI sebelumnya memperkirakan kebutuhan uang kartal untuk 12 kabupaten/kota selama bulan Ramadan dan Idul Fitri sebesar Rp5,02 triliun. Jumlah ini meningkat 12,02% (yoy) dibandingkan periode yang sama tahun 2021 yang sebesar Rp4,48 triliun.

"Namun faktanya realisasinya justru mencapai 5,2 triliun, ada kenaikan permintaan hingga Rp700 miliar," sebutnya.

Kenaikan ini menurut Asral karena adanya permintaan dari bank dan juga adanya pengumuman cuti bersama oleh Presiden RI, Jokowi, karena pemerintah memperbolehkan mudik lebaran.

Meski demikian kenaikan permintaan uang tunai itu disebut masih dalam tahap wajar dan tidak terlalu bergejolak. 

Bahkan dari data bank sentral diketahui tendensi aktivitas masyarakat untuk mengambil uang tunai mengalami penurunan dibandingkan periode sebelumnya. 

Ditambahkannya, dari laporan yang diterima BI, ada beberapa bank yang menutup layanan mesin ATM-nya karena memang penarikan uang tunai di ATM mengalami penurunan.

Kemudian secara jenis pecahannya dari total Rp5,2 triliun yang telah disalurkan untuk kebutuhan Lebaran ini, masih didominasi oleh uang pecahan besar yakni Rp100.000 dan Rp50.000 dengan nilai penyaluran Rp4,8 triliun, dan sisanya uang pecahan kecil dengan nilai penyaluran Rp400 miliar. 

Asral menambahkan untuk memudahkan masyarakat mendapatkan uang tunai selama momen Lebaran, pihaknya memiliki 3 lokasi kas titipan, dimana bank yang ditunjuk menjadi perwakilan bank sentral dalam menyalurkan uang tunai ke bank sekitarnya. 

Ketiga lokasi itu adalah pertama di Kota Rengat dengan mitra Bank BNI, serta Kota Pasir Pengarayan dan Kota Selatpanjang dengan mitra Bank Riau Kepri. 

Sementara untuk di Pekanbaru, BI Riau sebelumnya telah mengoperasikan mobil kas keliling di 4 titik yakni Purna MTQ, Stadion Rumbai, Stadion Utama Riau, dan Masjid Raya Annur Provinsi Riau. (R02)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index