Silaturahmi Idul Fitri, Warga Jalan Purnama Torganda Gotong Royong Perbaiki Jalan

Ahad, 08 Mei 2022 | 11:39:55 WIB
Silaturahmi Idul Fitri, Warga Jalan Purnama Torganda Gotong Royong Perbaiki Jalan
Ket Foto : Warga Jalan Purnama Torganda gotong royong memperbaiki jalan sembari silaturahim Idul Fitri.

PEKANBARU (RIAUSKY.COM)- Kondisi ruas jalan Purnama-Torganda di Kelurahan Simpang Tiga, Kecamatan Bukitraya, Kota Pekanbaru kian parah.

Tak hanya becek dan lecah pada saat penghujan, selepas hujan, jalan ini berdebu dan dipenuhi lubang menganga.

Warga yang merasa prihatin dengan kondisi ruas jalan di sekitar kawasan tersebut akhirnya memutuskan bersilaturahmi dengan cara bergotong royong memperbaiki jalan.

''Situasinya memang sulit, untuk membeli sirtu saat ini tentu memberatkan warga. Akhirnya kami berinisiatif mencari batu pecah untuk menimbun ruas jalan yang sudah bergelombang dan membuat lubang dalam,'' ungkap Pak Uli, salah seorang warga.

Dikatakan dia, kegiatan ini sama sekali tak memberatkan masyarakat. ''Kami berswadaya seikhlasnya untuk bisa memperbaiki ruas jalan di kawasan pemukiman yang membentang di sejauh hampir 1 kilometer dari ruas jalan Parit Indah Pekanbaru ini,'' ungkap Pak Uli disela-sela gotong royong.

''Alhamdulillah, sekitar 300 meter ruas jalan tersebut sudah kami timbun batu pecah,'' ungkap dia.

Dijelaskan juga oleh Rio, saat ini, warga setempat sangat memerlukan batu pecah untuk bisa menimbun badan jalan yang rusak parah ini. 

''Jadi kalau ada warga yang membongkar rumah, atau butuh tempat membuang batu pecah, kami dengan senang hati menerima,'' ujar dia.

Jalan Purnama Torganda ini terbentang sepanjang hampir 2 kilometer mulai dari Jalan Parit Indah Pekanbaru hingga ke perbatasan Siak Hulu, Kampar. 

Daerah ini saat ini  dihuni oleh ratusan kepala keluarga. Namun, akses jalan di kawasan ini tak kunjung tersentuh pemerintah, baik Kota Pekanbaru maupun Pemprov Riau.

Warga mengetuk hati pemerintah untuk memperhatikan akses jalan ini.

''Kami mengetuk hati pemerintah untuk membantu. Kalau memang tak bisa mengaspal atau melakukan semenisasi jalan ini, minimal bantu untuk perawatannya dengan menurunkan alat berat,'' ungkap Ali, tokoh masyarakat setempat. 

Sejauh ini, sebut dia, RT dan RW setempat telah berkali-kali mengajukan usulan untuk peningkatan kualitas jalan ini melalui pemerintah kelurahan Simpang Tiga maupun kecamatan Bukitraya. 

Namun, selalu mentah dalam proses pembahasan di Musrenbangda. 

Sementara untuk membantu menurunkan alat berat pun sampai saat ini, tidak pernah ada dari pemerintah. Akhirnya warga secara swadaya menyewa alat berat untuk meratakan jalan yang sudah sangat rusak parah.

''Bagi masyarakat di daerah lain, jalan aspal rusak sedikit pasti sudah ribut. Tapi di jalan Purnama Torganda ini, jalannya bahkan belum pernah tersentuh aspal ataupun program semenisasi,'' keluh dia.

Dia mengetuk juga kepedulian pemerintah daerah untuk membangun kawasan ini. Apalagi, daerah ini masih berada di tengah Kota Pekanbaru, tepatnya hanya sekitar 2,5  kilometer dari ruas jalan Sudirman Pekanbaru.(*)


FOLLOW Twitter @riausky dan LIKE Halaman Facebook: RiauSky.Com



 
Cetak Akses RiauSky.Com Via Mobile m.riausky.com
Tulis Komentar Index »
IKLAN BARIS