Menteri ESDM Resmikan PLTGU 275 Megawatt di Pekanbaru Riau

Kamis, 12 Mei 2022 | 15:01:12 WIB
Menteri ESDM Resmikan PLTGU 275 Megawatt di   Pekanbaru Riau
Ket Foto : Menteri ESDM Arifin Tasrif, Dirut PLN Darmawan Prasodjo, Wakil Gubernur Riau Edy Natar Nasution dan Wali Kota Pekanbaru Dr Firdaus ST, MT saat peremian PLTGU 275 MW di Tenayan Raya

PEKANBARU (RIAUSKY.COM)- Pembangkit Listrik Tenaga Gas Uap (PLTGU) di Tenayan Raya Pekanbaru, Riau diresmikan penggunaannya.

Beroperasinya PLTGU ini akan mendukung suplai kebutuhan ketenagalistrikan di wilayah Sumatera dan Bangka Belitung. 

Peresmian pembngkit listrik yang dikelola oleh Medco Ratch Power Indonesia ini dilakukan Menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif dihadiri juga Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo serta petinggi Medco Energy.

Menteri ESDM Arifin Tasrif mengapresiasi beroperasinya PLTGU 275 Megawatt di Tenayan Raya, Pekanbaru ini. 

Dia menjelaskan, dengan beroperasinya PLTGU ini, akan mampu peningkatkan beban puncak sistim kelistrikan di Sumatera menjadi 7.266 megawatt dan menyediakan cadangan sebesar 443 MW sistim kelistrikan Sumatera.

Arifin Tasrif mengungkapkan, beroperasinya pembangkit listrik  berkapasitas 275 MW ini merupakan bagia dari program strategis nasional yang dicanangkan pemerintah guna menjangkau kebutuhan elektrifikasi nasional. 

Karena itulah, dia berharap beroperasinya PLTGU ini akan mampu membantu untuk membangkitkan ekonomi di Tanah Air, sekaligus mendorong masuknya investasi khususnya di daerah.

Dia berharap, keberadaan PLTGU ini hendaknya dikelola dengan baik sehingga bisa terus dirasakan manfaatnya oleh seluruh masyarakat. 

Dia juga berharap PLTGU ini bisa dikelola secara ramah lingkungan dan menekan angka emisi di tanah Air. 

PLTGU 275 MW di Tenayan Raya Pekanbaru ini dibangun dengan nilai investasi sebesar Rp290 juta dolar AS. 

Untuk membiayai pembangunannya, investor yang  berasal dari Medco  Energy Internastional dan Ratch  Group mendapat dukungan dari Asian Development Bank (ADB), Perusahaan Keuangan Unternasional IFC) serta MUFG. juga Sumitomo.

Presiden Direktur Medco Power, Eka Satria menjelaskan PLTGU yang merupakan bagian dari Proyek Strategis Nasional ini telah tersambung dengan sistem kelistrikan Sumatera dan akan memperkuat ketahanan listrik, serta dapat menurunkan intensitas emisi gas rumah kaca, khususnya di Provinsi Riau dan Sumatera Bagian Tengah.

"Penyelesaian proyek PLTGU Riau menunjukkan komitmen Medco Power mendukung Pemerintah Indonesia dalam program pengembangan sosial dan ekonomi, serta mengembangkan portofolio bisnis Gas to Power kami," kata dia.

Seentara itu, Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo menyatakan pengoperasian pembangkit yang masuk dalam proyek 35 ribu MW ini menjadi bukti keberhasilan kolaborasi strategis antara PLN dengan produsen listrik swasta dalam penyediaan listrik nasional.

“PLTGU Riau 275 MW ini jadi capaian kita bersama. Di tengah tantangan kenaikan harga gas internasional yang sudah sampai USD 30, sementara di dalam negeri untuk operasional pembangkit hanya USD 4 saja. Kemudian dengan berbagai inovasi, PLN bisa menekan Biaya Pokok Penyediaan listrik jadi lebih murah hingga 6 sen, dari rerata di subsistem Riau 8 sen,” ujar Darmawan.

Turut hadir dalam peresmian beroperasinya PLTGU ini Wakil Gubernur Riau Edy Natar Nasution, Wali Kota Pekanbaru Dr Firdaus ST, MT, Danrem 031 Wirabima Parlindungan, Wakapolda Brigjen Tabana Bangun dan sejumlah pihak yang terlibat dalam pembangunan proyek ini.(R02)


FOLLOW Twitter @riausky dan LIKE Halaman Facebook: RiauSky.Com



 
Cetak Akses RiauSky.Com Via Mobile m.riausky.com
Tulis Komentar Index »
IKLAN BARIS