15 Desa di Siak Jadi Pilot Program Penerapan Desa Cantik BPS RI

15 Desa di Siak Jadi Pilot Program Penerapan Desa Cantik BPS RI
Kepala Badan Pusat Statistik Republik Indonesia (BPS RI) Margo Yuwono menyerahkan plakat kepada Wakil Bupati Siak Husni Merza.

SIAK (RIAUSKY.COM)- Kepala Badan Pusat Statistik Republik Indonesia (BPS RI) Margo Yuwono dan rombongan, JUmat (20/5/2022) melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Siak.

Kunjungan tersebut dalam rangka program Desa Cantik (Desa Cinta Statistik) yang dikelola oleh Badan Pusat Statistik.

Rencananya akan ada 15 desa di Kabupaten Siak yang akan menjadi pilot project pelaksanaan program  dari BPS pusat tersebut.

Kedatangan Kepala BPS Margo Yuwono ini disambut langsung oleh Wakil Bupati Siak Husni Merza, Kadis Kominfo Jamaluddin serta jajaran.

Wakil Bupati Siak, Husni Merza, dalam kesempatan itu mengungkapkan, kunjungan kepala BPS pusat ke Kabupaten Siak dalam rangka membangun sinergi antara pemerintah daerah, khususnya di Kabupaten Siak  dengan BPS. 
Sesuai dengan perannya, BPS melaksanakan sejumlah program berkaitan dengan pembaharuan data dan statistik  yang berkaitan dengan kesejahteraan sosial, kependudukan, termasuk beberapa hal penting lainnya.

Dengan pendataan ini tentunya akan banyak manfaatnya bagi pemerintah, bukan saja oleh pemerintah pusat, namun juga pemerintah daerah, kecamatan dan desa dalam upaya memetakan kebijakan pembangunan yang sudah dan akan dilakukan.

Salah satu wujud dari program tersebut, dikatakan  Wabup Husni, adalah, BPS melaksanakan program Desa Cinta Statistik (Desa Cantik) yang nantinya berlaku untuk seluruh desa/kampung se-Indonesia. 

Sebagai pilot program, Kabupaten Siak mendapatkan program Desa Cantik di 15 desa.

Tentunya ini sangat membantu pemerintahan kampung dalam menyusun program kedepannya, karena dari data tersebut pemerintahan kampung akan mendapatkan data-data yang lebih akurat.

''Kami berterima kasih kepada kepala BPS yang telah berkunjung ke Kabupaten Siak dan melaksanakan program Desa Cantik di 15 desa di Siak. Kami tentunya merasa terhormat, karena mendapat kesempatan pertama dalam pelaksanaan program ini,'' kata Husni Merza.(R08)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index