PKK Kuansing Tertarik dengan Kerajinan Batik Bono

PKK Kuansing Tertarik dengan Kerajinan Batik Bono
PANGKALANKERINCI (RIAUSKY.COM) - Keindahan batik bono yang memiliki nilai seni dan bercita rasa tinggi membuat ibu-ibu PKK (Pembinaan Kesejahteraan Keluarga) Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing) tertarik mengunjungi kabupaten Pelalawan, Selasa, (22/3).
 
Saat berkunjung ke Rumah Batik Andalan di Balai Pelatihan dan Pengembangan Usaha Terpadu (BPPUT) di Townsite 2, Pangkalan Kerinci, Ketua PKK Kuansing, Hj. Juwita Alfis Sukarmis terlihat antusias dan kagum dengan motif batik bono karya para pengrajin batik Binaan PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP).
 
“Kunjungan kali ini dalam rangka studi banding ke Kabupaten Pelalawan. Jujur, Kami antusias sekali ingin berkunjung ke Rumah Batik ini karena ingin melihat secara lansung Batik Bono tersebut. Ada ilmu yang dapat diambil oleh ibu-ibu PKK Kabupaten Kuansing di sini, kami ingin mencontohnya dengan mengembangkan batik pacu jalur kami,” ucap Juwita yang merupakan istri dari Bupati Kuansing, Sukarmis.
 
Ketika berada di Rumah Batik Andalan, Juwita dan rombongan yang memakai seragam batik berwarna kuning tersebut lansung menyerbu koleksi batik. Satu per satu koleksi batik diperhatikan dengan seksama.
 
Namun, yang paling membuatnya tertarik tetap batik Bono.  Sebab, motif batik yang terinspirasi dari gelombang Bono tersebut dapat mengangkat aspek pariwisata di Teluk Meranti.
“Sekali mendayung dua tiga pulau terlampaui. Satu sisi untuk mendukung ekonomi kreatif Kabupaten Pelalawan, dan satu sisi lagi mempromosikan objek wisata Gelombang Bono,” tuturnya.
 
Selain tertarik dengan motif batik bono, ia juga kagum dengan para pekerja yang saat itu sedang membatik. Menurutnya, para pekerja ini sangat kreatif, karena dapat menghasilkan kreasi-kreasi batik modern.
 
Stakeholder Relation Manager RAPP untuk Kabupaten Kampar dan Kabupaten Kuansing Edi Yusuf, menyambut baik kedatangan rombongan PKK Kabupaten Kuansing ke Rumah Batik Andalan.
 
“Kita bersyukur ada yang ingin belajar dari Rumah Batik kami, karena dengan kunjungan ini, kami dapat menjalin kerjasama sekaligus menginformasikan industri kreatif seperti batik ini,” jelas Edi.
 
Selain mengunjungi Rumah Batik Andalan, rombongan PKK Kabupaten Kuansing ini sebelumnya disambut oleh Ikatan Wanita Riau Andalan (IWARA) di RGE Technology Center (RTC), untuk melihat langsung sejarah dan program dari RAPP yang merupakan bagian dari APRIL Group. (RLS)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index