Jangan Cuma Dimakan, Ternyata Buah Matoa Punya Khasiat Baik untuk Kesehatan

Jangan Cuma Dimakan, Ternyata Buah Matoa Punya Khasiat Baik untuk Kesehatan
Buah Matoa./ Sumber Foto: rri.co.id/freepik

JAKARTA (RIAUSKY.COM)- Buah matoa mungkin terdengar asing bagi banyak orang, buah ini banyak ditemui di Papua Barat, Indonesia dan juga mempunyai sederet khasiat dan manfaat sehat. 

Jika rutin mengonsumsi buah ini disebut bisa membantu menjaga imunitas tubuh, melawan radikal bebas, hingga menjaga kesehatan jantung.

Sementara itu, buah matoa atau Pometia Pinnata berada dalam satu keluarga dengan buah leci dan kelengkeng. Ternyata, buah ini juga sudah lama dikenal dan digunakan sebagai pengobatan tradisional oleh masyarakat Papua. 

Ada banyak kandungan nutrisi dalam buah ini, termasuk vitamin C dan E. Karena itu, mengonsumsi buah matoa disebut bisa membantu meningkatkan imunitas tubuh. 

Selain itu, jenis buah ini ternyata ampuh untuk meningkatkan imunitas tubuh. Sebab, hampir semua buah yang memiliki kandungan vitamin C merupakan “sumber makanan” yang baik untuk sistem kekebalan tubuh. 

Dengan sistem kekebalan tubuh yang terjaga, risiko terjadinya penyakit akan lebih rendah. Selain sumber antioksidan dan ampuh untuk meningkatkan imunitas tubuh, ada manfaat sehat lain dari buah matoa yang dirangkum dari Halodoc, Selasa (7/6/2022) yaitu: 

1. Melawan Infeksi Virus 

Kandungan nutrisi dalam buah matoa juga disebut bisa membantu melawan infeksi virus pada tubuh. Ada banyak jenis virus yang bisa menyerang tubuh dan meningkatkan risiko penyakit. 

Nah, mengonsumsi buah yang kaya akan kandungan vitamin C dan antioksidan, seperti matoa, nyatanya bisa membantu meningkatkan kekebalan tubuh sehingga memiliki kemampuan untuk melawan infeksi virus penyebab penyakit. 

2. Meredakan Stres 

Selain memiliki rasa yang enak, buah yang satu ini ternyata bisa membantu menurunkan stres. Hal itu berkat kandungan vitamin E yang diketahui bisa berperan sebagai pereda stres. 

Saat sedang merasa tertekan, cobalah untuk mengonsumsi beberapa buah matoa dan rasakan manfaatnya.

3. Menambah Energi 

Ada kandungan gula dalam buah ini. Karena itu, mengonsumsi matoa disebut bisa membantu menambah energi, sehingga cocok untuk dikonsumsi saat harus melakukan banyak aktivitas fisik atau saat akan berolahraga. 

Meski begitu, kandungan gula dalam buah cenderung sehat dan jarang memicu kenaikan gula darah secara berlebihan. 

4. Kesehatan Jantung Terjaga 

Lagi-lagi, manfaat sehat ini didapat dari kandungan vitamin C dan vitamin E dalam buah matoa. Makanan yang kaya akan vitamin E disebut bisa membantu menjaga kesehatan jantung secara menyeluruh. Ditambah kandungan vitamin C yang bisa membantu peredaran darah. 

5. Kulit yang Lebih Sehat 

Bukan lagi rahasia bahwa mengonsumsi buah-buahan bisa membuat kulit tampak lebih cantik dan sehat. Nah, hal ini juga bisa didapat dari mengonsumsi buah matoa. Seperti diketahui, baik vitamin E maupun vitamin C sama-sama dapat membantu menjaga kesehatan kulit.(R02)

Sumber Berita: rri.co.id

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index