BREAKING NEWS: Komisi VIII DPR Sebut Indonesia Dapat Tambahan 10 Ribu Kuota Haji Tahun Ini Juga

Rabu, 22 Juni 2022 | 17:56:08 WIB
BREAKING NEWS: Komisi VIII DPR Sebut Indonesia Dapat Tambahan 10 Ribu Kuota Haji Tahun Ini Juga
Ket Foto : Ilustrasi haji

JAKARTA (RIAUSKY.COM)- Ketua Komisi VIII DPR RI Yandri Susanto menyebut Indonesia bakal mendapat tambahan 10 ribu kuota haji. 

Ia mengungkap tambahan itu akan berlaku pada musim haji tahun ini.

"Jadi kita dapat kabar dari kementerian agama tadi malam, ada penambahan 10.000 kuota haji dari Kerajaan Saudi untuk Indonesia. [Untuk] Musim haji sekarang," ucapnya pada wartawan di Kompleks Parlemen Senayan, Rabu (22/6).

Yandri, sebagaimana dikutip dari cnnindonesia.com  mengimbau pemerintah mesti berhati-hati dan tak terburu-buru dalam menyikapi penambahan kuota haji dari Saudi tersebut. 

Pasalnya, harus ada payung hukum dari parlemen agar Kementerian Agama (Kemenag) bisa melakukan realisasi penambahan jemaah haji.

"Maka besok insya Allah jam 9 pagi kami akan melakukan rapat kerja dengan Kementerian Agama," ucap Yandri.

Lebih jauh, ia menyebut rapat itu dilakukan untuk menyusun persiapan realisasi kuota tambahan dengan waktu yang singkat. Setidaknya, menurut Yandri, pemerintah hanya memiliki waktu kurang lebih satu pekan.

"Kita tahu banyak sekali yang mau berangkat haji termasuk haji khusus dan lain sebagainya. Mungkin ini ada berkahnya sehingga mereka yang sangat ingin ke tanah suci bisa ditampung melalui penambahan kuota 10 ribu," kata Yandri.

Yandri mengklaim nama-nama yang masuk menjadi jemaah haji tambahan akan diumumkan besok Kamis (23/6).

"Besok kita umumkan terus nanti siapa yang mengambil kuotanya mungkin para travel haji, atau travel-travel yang selama ini urus haji khusus ya, mereka mungkin bisa memanfaatkan kuotanya dengan maksimal," kata dia.

Hingga berita ini ditulis, CNNIndonesia.com belum mendapatkan pernyataan resmi dari Kemenag RI soal tambahan kuota haji sebanyak 10 ribu jemaah untuk tahun ini.

Sebagai informasi, setelah tertunda selama dua tahun akibat pandemi Covid-19, Indonesia kembali diizinkan memberangkatkan jemaah haji ke Tanah Suci umat Islam dunia di Mekkah, Arab Saudi. 

Pada musim haji 2022 atau 1443 Hijriah ini, Indonesia mendapat kuota sebanyak 100.051 jemaah.

Namun, karena masih dalam situasi pandemi Covid-19, ada beberapa batasan jemaah yang bisa diberangkatkan. 

Salah satunya adalah calon jemaah haji yang ke Tanah Suci harus berusia di bawah 65 tahun, dan sudah mendapatkan vaksin virus corona dosis lengkap berdasarkan standar organisasi kesehatan dunia (WHO).(R02)

Sumber Berita: cnnindonesia.com


FOLLOW Twitter @riausky dan LIKE Halaman Facebook: RiauSky.Com



 
Cetak Akses RiauSky.Com Via Mobile m.riausky.com
Tulis Komentar Index »
IKLAN BARIS