Awas! Covid Omicron BA.4-BA.5 Lebih Menular dari Varian Lama

Sabtu, 25 Juni 2022 | 20:49:02 WIB
Awas! Covid Omicron BA.4-BA.5 Lebih Menular dari Varian Lama
Ket Foto : Ilustrasi corona.

JAKARTA (RIAUSKY.COM)- Jumlah kasus Covid-19 cenderung meningkat pada pekan ini, yang disebabkan subvarian Omicron BA.4 dan BA.5. 

Bahkan, ahli menilai varian baru ini lebih menular dari Omicron.

Epidemiolog dari Universitas Griffith Dicky Budiman menjelaskan kemampuan BA.5 dalam menginfeksi sebetulnya sama dengan varian delta, bahkan bisa lebih. 

Khususnya ketika BA.5 menginfeksi orang yang sama sekali tidak memiliki imunitas atau sudah mengalami penurunan imunitas terhadap virus corona.

"Subvarian Omicron BA.5 ini perlu sangat diwaspadai karena kemampuan dia dalam menginfeksi dengan fusogenicity dan potensi keparahannya itu setidaknya sama dengan Delta atau bisa lebih, ketika dia berhadapan dengan orang yang tidak memiliki imunitas sama sekali atau menurun imunitasnya," kata Dicky, dikutip Sabtu (25/6/2022).

Dicky juga menemukan kemampuan reinfeksi subvarian BA.4 dan BA.5 cukup tinggi. Artinya kedua subvarian ini sangat mungkin dapat menginfeksi orang yang sudah divaksin atau terkena Covid-19 sebelumnya.

"Bahkan yang sudah terinfeksi oleh BA.1, BA.2, atau BA.3 itu bisa terinfeksi lagi oleh BA.4 BA.5. Itu kemampuan dari BA.4 BA.5," terangnya.

Sehingga upaya mitigasi harus dilakukan dengan cepat. karena laju pertumbuhan jumlah kasus BA.4 dan BA.5 saat ini sudah berada di kisaran 12% hingga 13%. Artinya, jika tidak ada upaya mitigasi yang memadai, ada potensi subvarian BA.4 dan BA.5 ini menciptakan gelombang baru.

"Misalnya PPKM-nya dicabut, vaksinasinya turun, perilaku masyarakat memakai masker juga buruk. Itu dalam dua minggu bisa dominan dan bisa menyebabkan peningkatan jumlah kasus terinfeksi," jelasnya.(R02)

Sumber berita: cnbcindonesia.com


FOLLOW Twitter @riausky dan LIKE Halaman Facebook: RiauSky.Com



 
Cetak Akses RiauSky.Com Via Mobile m.riausky.com
Tulis Komentar Index »
IKLAN BARIS