Kukerta Unri di Kampung Dalam Buat Taman Baca dan Tulis

Kukerta Unri di Kampung Dalam Buat Taman Baca dan Tulis
Kegiatan mahasiswa Kukerta Unri di Kampung Dalam.

PEKANBARU (RIAUSKY.COM)- Kuliah Kerja Nyata (Kukerta) adalah salah satu bentuk kegiatan pengabdian yang dilakukan oleh mahasiswa kepada masyarakat pada waktu dan daerah tertentu di Indonesia. 

Hal ini seperti yang sedang dijalankan oleh Kelompok Kukerta Unri 2022 di Kampung Dalam yang melaksanakan Kukerta Balik Kampung. 

Salah satu program Kukerta yang dilakukan adalah mengadakan “Taman Baca & Tulis”.

Taman Baca & Tulis merupakan salah satu program yang dijalankan oleh Kelompok Kukerta Kampung Dalam yang ditujukan untuk anak-anak SD ataupun belum sekolah, dimana tim Kukerta akan mengajarkan anak-anak yang ingin belajar membaca, menulis ataupun mengalami kesulitan dalam mengerjakan tugas sekolah. 

Kegiatan yang berlangsung di MDA Rahmat Illahi ini, diadakan setiap Sabtu dan Minggu, proses pembelajaran dimulai pada pukul 14.00 WIB-16.00 WIB, dan hingga hari ini sudah berjalan selama dua minggu.

Adanya kegiatan Taman Baca & Tulis ini mendapat sambutan yang sangat baik dari anak-anak dan juga masyarakat sekitar, hal ini terbukti dengan tingginya antusiasme anak-anak yang ingin mengikuti kegiatan ini, bahkan mereka sudah datang satu jam sebelum kegiatan dimulai. 

Bukti lainnya yaitu semakin bertambahnya jumlah anak-anak yang mengikuti kegiatan ini setiap minggunya. 

Pada saat proses pembelajaran pun anak-anak sangat aktif untuk mengikuti setiap tahapan belajar yang dijalankannya. 

Menurut M.Ridho Nursalam selaku Ketua Kelompok Kukerta Kampung Dalam, kegiatan Taman Baca & Tulis ini bertujuan sebagai wadah dalam memberikan pembelajaran kepada anak-anak di Kampung Dalam. 

“Program taman baca diadakan karena di Kampung Dalam jumlah anak-anaknya tergolong banyak, jadi kami berinisiatif untuk memberikan pembelajaran kepada anak-anak, sehingga di waktu libur tersebut mereka dapat mengerjakan tugas-tugas sekolah di taman baca, jadi diadakannya taman baca dapat memberikan tempat dan bimbingan supaya anak-anak bisa berkumpul,  mengerjakan tugas-tugas sekolah, belajar membaca dan juga menulis”. Ujarnya

Mahasiswa Kukerta Kampung Dalam berharap dengan adanya taman baca ini dapat memberikan tempat kepada anak-anak untuk mendapatkan pembelajaran diluar sekolah, selain itu taman baca juga dapat menjadi tempat bermain untuk anak-anak sehingga dapat berbaur dengan teman- teman lainnya

“Kami berharap anak-anak yang mengikuti program taman baca ini kedepannya dapat termotivasi agar lebih giat belajar, karena belajar tidak hanya harus berada di lingkungan sekolah, anak-anak dapat belajar di lingkungan sekitar mereka. 

Selain kemampuan akademis, anak anak yang mengikuti taman baca diharapkan juga dapat meningkatkan lagi kemampuan non akademis yang mereka miliki.” Tutup beliau.(r)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index