Hari Ini Mendukbudristek Nadiem Makariom Bakal Luncurkan Skema Baru Seleksi Masuk PTN

Hari Ini Mendukbudristek Nadiem Makariom Bakal Luncurkan Skema Baru Seleksi Masuk PTN
Mendikbudristek Nadiem Makarim

JAKARTA (RIAUSKY.COM)- Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbudristek), Nadiem Makarim bakal mengumumkan skema seleksi masuk perguruan tinggi melalui Merdeka Belajar Episode 22: Transformasi Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Negeri, Rabu (7/9/2022).

Nadiem mengatakan, beberapa waktu lalu dirinya dan beberapa pimpinan perguruan tinggi melakukan rapat koordinasi mengenai mekanisme seleksi masuk perguruan tinggi dalam upaya peningkatan kualitas pendidikan tinggi Indonesia.

Rapat tersebut, terang Nadiem, juga dilakukan guna memastikan ketersinambungan antara pendidikan dasar, menengah, dengan jenjang pendidikan tinggi.

Baca juga: Soal Jalur Mandiri PTN Dihapus, Ini Respons Ketua LTMPT

"Dalam upaya peningkatan kualitas pendidikan tinggi Indonesia, beberapa waktu lalu saya dan beberapa pimpinan perguruan tinggi melakukan rapat koordinasi mengenai mekanisme seleksi masuk perguruan tinggi, guna memastikan ketersinambungan antara pendidikan dasar, menengah, dengan jenjang pendidikan tinggi," ujarnya melalui media sosial, Selasa (6/9/2022).

Nadiem juga optimis bahwa skema yang akan diluncurkan besok dapat menjadi arah baru transformasi pendidikan tinggi Indonesia yang lebih berkualitas dan menyeluruh.

"Saya percaya skema yang akan diluncurkan melalui Medeka Belajar episode kedua puluh dua besok dapat menjadi arah baru transformasi pendidikan tinggi Indonesia yang lebih berkualitas dan menyeluruh," paparnya.

Sebelumnya, dilansir dari Kompas.com, Selasa (23/8/2022), Nadiem mengaku sudah memonitor adanya desakan agar jalur mandiri masuk universitas negeri dihapus.

Desakan itu muncul usai eks Rektor Universitas Negeri Lampung (Unila) Karomani ditangkap KPK karena menerima uang suap dari penerimaan mahasiswa baru melalui jalur mandiri. 
Nadiem menjelaskan, Kemendikbudristek menampung segala usulan dari masyarakat terkait jalur mandiri di perguruan tinggi negeri (PTN). 

Sementara itu, terkait peluncuran Merdeka Belajar episode 22: Transformasi Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Negeri, Kemendikbudristek menyebut kebijakan ini diluncurkan dengan sejumlah tujuan. 

Di antaranya untuk menyelaraskan capaian pembelajaran di pendidikan dasar dan menengah dengan skema seleksi masuk PTN, mendorong proses pembelajaran di jenjang pendidikan dasar dan menengah yang lebih holistik, menghargai capaian pembelajaran peserta didik secara menyeluruh, menjaring calon mahasiswa berdasarkan potensi keberhasilan studi lanjut peserta didik, dan memberikan kesempatan yang inklusif, di mana calon mahasiswa bebas memilih program studi sesuai minat dan bakatnya.(R04)

Sumber Berita: kompas.com

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index