SELAMAT! Universitas Riau Punya 4 Profesor Guru Besar Baru, Ini Nama-namanya...

SELAMAT! Universitas Riau Punya 4 Profesor Guru Besar Baru, Ini Nama-namanya...
Universitas Riau

PEKANBARU (RIAUSKY.COM) - Universitas Riau akan memiliki empat profesor baru. Rencananya akan dilantik pada Rabu (12/10/2022). Masing-masing profesor yang akan dikukuhkan antara lain Prof Dr Drs Moh Danil Hendry Gamal MSc.

"Moh Danil Hendry Gamal ini merupakan Guru Besar dalam bidang ilmu Optimisasi dan Matematika Terapan di Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam," kata Rektor Unri Prof Dr Ir Aras Mulyadi DEA, di Kampus Unri, Selasa (11/10/2022).

Profesor lainnya adalah Dr Rakhmawati Farma SSi MSi, yang merupakan Guru Besar dalam bidang ilmu Fisika Material pada Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.

Sedangkan, profesor ketiga adalah Prof Dr Drs Seno Andri MSi yang merupakan Guru Besar dalam bidang ilmu Manajemen Sumber Daya Manusia di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.

Terakhir, kata Aras, Prof Dr Nofrizal SPi MSi yang merupakan Guru Besar dalam bidang ilmu Teknologi Penangkapan Ikan di Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan.

Prosesnya ditandai penyelenggaraan sidang terbuka Senat Universitas Riau dalam rangka pengukuhan empat orang Guru Besar di Universitas Riau.

“Ini merupakan satu bentuk wujud realisasi komitmen Unri di tahun 2022 dalam rangka pengembangan mutu dan pendidikan di Riau," kata Aras Mulyadi.

Maka, dengan bertambahnya empat profesor baru. Untuk saat ini Unri telah memiliki sebanyak 86 orang Profesor yang aktif di Unri.

"Sebelumnya ada 82 guru besar, maka dengan bertambahnya guru besar. Saat ini Unri memiliki 86 guru besar," jelas Aras.

Aras mengatakan, dengan penambahan beberapa guru besar. Hal ini merupakan pencapaian yang merupakan sebuah peningkatan bagi peran dan fungsi Perguruan Tinggi.

"Perannya bukan hanya memegang peran dalam keberlangsungan peradaban bangsa. Karena perguruan tinggi tidak sekedar berfungsi mencetak Sarjana, Master, maupun Doktor, melainkan juga seorang Guru Besar,” ujar Aras.

Dengan fakta-fakta tersebut, Unri, kata Aras sampai saat ini telah melahirkan berbagai Sumber Daya Manusia yang terdidik, yang memiliki kompetensi serta kualifikasi bidang keilmuan yang dimilikinya.

"Unsur tersebut juga sangat erat kaitannya dengan mutu dan kualitas dosen maupun Guru Besar yang ada di Unri," ujar Aras.

Aras menyampaikan, hingga saat ini kampus Unri telah memiliki 107 Program Studi (Prodi) dibeberapa fakultas yang ada.

"Bisa kita bayangkan, dengan banyaknya jumlah Prodi ini, maka akan semakin tinggi bobot mutunya, jika diiringi dengan jumlah kepemilikan Guru Besar yang sesuai," jelas Aras.(*)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index