Akses Jalan Amblas akibat Abrasi di Simpang Ayam Bengkalis

Akses Jalan Amblas akibat Abrasi di Simpang Ayam  Bengkalis
Personel TNI dan warga menyaksikan kondisi tanah dan badan jalan yang amblas akibat abrasi di Desa Simpang Ayam Kecamatan Bengkalis Kabupaten Bengkalis.

PEKANBARU (RIAUSKY.COM) - Abrasi dan jalanan amblas terjadi di Desa Simpang Ayam Kecamatan Bengkalis Kabupaten Bengkalis, Riau.

Beruntung tidak ada korban jiwa dalam kejadian di pinggir Laut Bengkalis itu. 

"Iya benar. Kejadian hari Minggu kemarin, pagi-pagi sudah abrasi. Kemungkinan kena hujan malam. Abrasi tanahnya jadi bongkahan-bongkahan," ujar Sekretaris Desa Simpang Ayam Aldian Hadi, Senin (12/12/2022).

Hadi mengatakan, jalan aspal di desa itu ada yang retak-retak, amblas hingga putus. Kejadian abrasi dan tanah retak-retak itu sering terjadi di desa tersebut. 

"Ini dekat jalan akses ke laut, makanya terpantau. Kalau yang longsor-longsor di perkebunan sering terjadi, tiap waktu. Apalagi ada gelombang-gelombang besar. Kalau kejadian semalam itu tergolong parah, karena akses jalan desa yang kena," ucap Hadi.

Abrasi lebih banyak terjadi di perkebunan warga jauh dari permukiman. Perkebunan kelapa sawit yang terdampak abrasi itu merupakan lingkungan sawit plasma warga yang bekerja sama dengan sebuah perusahaan.

"Kalau luas yang terdampak abrasi saya tidak tahu, tapi lumayan luas. Sampai saat ini baru di Desa Simpang Ayam saja," kata Hadi.

Warga yang mau pergi nelayan terpaksa mencari jalan lain, lantaran jalan aspal itu hancur lebur sekitar 13 meter. Bahkan, akses jalan menuju objek wisata lokal di pinggir laut itu juga tak dapat dilalui.

"Jalannya patah, tak bisa dilewati. Jadi lewati kebun-kebun. Karena sebagian jalan di perkebunan ada yang bisa dilalui. Kemarin sudah ada dari Koramil yang datang, infonya hari ini dari Kodim datang," jelas Hadi.

Sementara itu, Kepala BPBD Riau Edy Afrizal mengaku sudah mendapatkan informasi tersebut. Pihaknya masih mengumpulkan data dan keterangan di lapangan.

"Iya benar kejadiannya kemarin. Tim masih di lokasi," kata Edy.(mc)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index